Bahasa PemrogramanTutorial

Cara Membuat Formulir Kontak Email dengan PHP

Cara Membuat Formulir Kontak Email dengan PHP. Halaman kontak merupakan bagian hal yang terpenting dalam bagian website. Halaman kontak ada bertujuan untuk mempermudah komunikasi antara pengunjung web dengan pemilik web. Cara kerjanya sangat sederhana, pengunjung mengisi formulir seperti nama, alamat email, dan pesan kepada pemilik website, lalu nanti akan terkirim otomatis ke email pemilik website tersebut.

Sebelumnya untuk mengirimkan email lewat PHP sangatlah mudah, tinggal menggunakan fungsi yang sudah ada di PHP yaitu mail(). Untuk referensi tentang fungsi mail() bisa dilihat di web fungsi mail() php atau di web w3schools.

Apa saja sih yang dibutuhkan? Yang dibutuhkan disini hanyalah 2 file saja, yaitu index.html atau index.php dan send.php. Sebelum membuat kedua file tersebut, download terlebih dahulu aplikasi Notepad++ yang berfungsi untuk mempermudah kalian dalam merubah struktur kodenya. Kalian bisa mendownloadnya di: https://notepad-plus-plus.org/download/.

Setelah download, copy kode berikut dan save dengan nama index.html.

kalian dapat mengganti url atau menghapus kode dibawah tag <h1>. kemudian save.

Selanjutnya, buat halaman baru dan salin kode dibawah ini:

Edit terlebih dahulu email diatas dengan email kalian, setelah itu save dan beri nama file menjadi send.php.

Dua kode diatas merupakan kode yang paling dasar saja, dimana ada beberapa variabel yang menyimpan data dari form inputan tadi yang sudah di isi oleh user.

Bagian yang kalian harus ubah adalah bagian $admin = ‘tutor@ha-fizh.com’; , apabila kalian tidak mengubahnya, maka setiap pengunjung yang akan menghubungi kalian, terkirimnya malah ke saya. Jangan sampai hal tersebut terjadi ya!


Cukup sekian dahulu artikel yang dapat saya sampaikan, semoga artikel diatas dapat membantu kalian yang ingin membuat formulir kontak dengan integrasi PHP file. Mohon maaf apabila dalam menyampaikan artikel terdapat kekurangan. Saya menerima masukan dan saran bagi Anda yang ingin menyampaikannya melalui kolom komentar dibawah ini atau di halaman Kritik dan Saran yang sudah ada. Terimakasih.

Kisna Hafizh

Seorang blogger pemula yang mengawali karir di blogspot dan hijrah ke wordpress

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker