Tutorial

Cara Membuat Akun Email di Google Mail (GMAIL)

Cara Membuat Akun Email di Google Mail (GMAIL) – Google Mail (GMAIL) merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google. Setiap pengguna Android wajib memiliki akun Gmail untuk mengakses seluruh fasilitas Google karena satu akun email tersebut otomatis terintegrasi kesemuanya.

Banyak instansi perusahaan dan instansi pendidikan menggunakan gmail untuk integrasi email mereka. Hanya dengan satu akun email, kalian bisa mengakses fitur mulai dari Maps, Youtube, Play Store, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kalian yang belum tahu cara membuat akun gmail tersebut, berikut adalah artikel panduan mengenai cara membuat akun gmail baru.

Apa itu Gmail?

Gmail merupakan layanan surel milik Google yang diluncurkan pada tahun 2004 (Beta) dan rilis untuk publik pada 2007. Gmail ini bisa dibilang menjadi saingan dari Yahoo! Mail dan Hotmail yang juga sama-sama menyediakan layanan surel gratis.

Fungsi Email

Email memiliki banyak sekali fungsi. Biasanya email dipakai untuk mengirimkan pesan ataupun CV saat ingin mendaftar pekerjaan. Selain itu, email juga bisa dipakai untuk mengirim pesan, foto, dokumen, bahkan video!

Dengan adanya email, pengiriman dokumen ataupun sejenis nya bakal jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional (pakai flashdisk).

Cara Membuat Email

Nah, cara membuat email tersebut sangatlah mudah, cukup sediakan koneksi internet dan nomor telefon yang aktif. Ikuti langkahnya:

Gmail
Membuat Gmail
  1. Klik link berikut: Buat Akun Google
  2. Masukan nama lengkap (nama depan dan nama belakang)
  3. masukkan nama singkat untuk email kalian, contoh: hafizh@gmail.com
  4. Masukkan password, usahakan yang lumayan unik namun tetap bisa diingat oleh kalian dan ketikkan kembali password yang sama.
  5. Setelah isi nomor telefon, alamat email pemulihan, dan tanggal lahir kalian sesuai dengan data asli.
  6. Lakukan verifikasi dengan nomor telefon yang sudah dimasukkan tadi
  7. Akun selesai dibuat, yeay!

Jika sudah dikomfirmasi, akun gmail kalian sudah berhasil dibuat. Untuk cek apakah memang sudah terbuat, silahkan masuk ke gmail melalui akun berikut: https://accounts.google.com/servicelogin, dengan username dan password yang sudah dibuat.

Penutup

Email adalah hal yang tidak bisa dipisahkan oleh kita. Email dijadikan sebagai identitas dan alamat kita dalam dunia maya. Untuk itu, perlu hati-hati saat menggunakan atau mendaftarkan sesuatu dengan email. Jangan sampai kita terkena phising dan data kita terambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Apabila kalian tidak berhati-hati, data diri kalian dan semua aplikasi yang kalian daftarkan dengan akun email tersebut, bisa di hack oleh orang lain. Maka dari itu, janganlah tergiur dengan iming-iming sesuatu yang mengharuskan mengisi data diri kalian, bisa saja itu adalah spam.

Cukup sekian artikel mengenai Cara Membuat Akun Email di Google Mail (GMAIL), ikuti terus artikel tutorial yang lainnya ya! Semoga bermanfaat!

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker