TutorialTutorial Wordpress

Cara Setting Plugin CDN Statically di WordPress

Cara Setting Plugin CDN Statically di WordPress – Seperti dalam artikel sebelumnya, Statically merupakan salah satu layanan CDN yang dapat digunakan dengan gratis. Sepertinya CDN Statically ini sudah ada sejak tahun 2018 sampai saat ini, dilihat dari footer websitenya.

Sampai saat ini, saya cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh Statically karena CDN ini 100% gratis tanpa biaya dan juga menghubungkannya pun gampang. Selain itu, disediakan pula grup di Telegram untuk berdiskusi apabila terdapat pertanyaan atau melaporkan error kepada Admin Statically. Grup di Telegramnya pun cukup aktif dan jika kalian ada pertanyaan, maka pengurus Statically akan meresponnya dengan sigap.

Sekilas Mengenai Plugin CDN Statically

Statically merupakan layanan penyedia Content Delivery Network atau biasa disingkat CDN yang hadir untuk mengoptimalkan file website dan file statis. Dengan didukung oleh beberapa penyedia layanan CDN global seperti Fastly, CloudFlare, BunnyCDN, dan CDN77 membuat performa website dengan bantuan CDN Statically ini menjadi sangat ringan.

Fitur CDN Statically

Untuk fitur Statically, terdapat 3 fitur unggulan yaitu:

  • Multi-CDN : CDN dengan data center berjumlah 4 buah.
  • Optimasi File : Mengoptimasi file sebelum dikirimkan kepada pengguna sehingga dapat terkirim dengan mudah dan cepat.
  • Robust Security : Untuk mencegah lalu lintas berbahaya dan serangan malware.

Masih banyak fitur yang ditawarkan oleh CDN Statically dan kemungkinan besar akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Cara Setting Plugin CDN Statically

Cara setting plugin CDN Statically ini cukup mudah, berikut caranya:

1. Install Plugin

Statically sudah memiliki plugin resmi yang tersedia untuk di unduh pada halaman plugin. Untuk itu, langkah pertama adalah menginstall plugin CDN Statically.

Langkahnya yaitu : Dashboard -> Plugins -> Add New -> lalu tuliskan Statically pada kolom pencarian kemudian install plugin seperti pada gambar berikut:

Install Plugin Statically
Install Plugin Statically

2. Generate API Key

Langkah selanjutnya yaitu membuat kode API untuk dimasukkan kedalam plugin CDN Statically nya. Untuk mendapatkan kode API, kalian harus mengisi form di link berikut: https://statically.io/wordpress/ seperti dalam link berikut:

Mengisi Form
Mengisi Form

Setelah mengisi form dengan benar, maka akan muncul kode API yang harus kalian salin dan menempelkannya pada plugin CDN Statically di WordPress.

3. Setting Plugin

Setelah mendapatkan kode API, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode API tersebut kedalam plugin CDN Statically. Tampilan pluginnya akan seperti berikut:

Plugin CDN Statically
Plugin CDN Statically

Untuk pengaturan lainnya, tidak saya rubah-rubah karena saya rasa sudah cukup pas settingannya. Nantinya file-file seperti gambar dan script akan di serve oleh Statically melalui alamat yang terrtera pada gambar diatas yaitu https://cdn.statically.io/sites/situs-kalian/.

Kesimpulan

Saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan plugin CDN Statically ini karena pengaitannya/penyambungannya sangat mudah dan cepat.

Admin nya pun siap membantu setiap ada pertanyaan dari pengguna melalui grup Telegram, silahkan join saja barangkali ada yang ditanyakan. Jika tidak memiliki Telegram dan ada pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar ya! Akan saya jawab sebisa saya nanti :D

Itu saja yang bisa saya bagikan mengenai cara setting plugin CDN Statically ini, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa pantau terus artikel tutorial lainnya agar bisa mengetahui tutorial-tutorial lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Statically

Direkomendasikan untuk mengoptimalkan performa website berbasis WordPress

User Rating: Be the first one !

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker