Tutorial

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com

Panduan Membuat Blog Bagian 1

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com – Blog adalah salah satu platform yang digunakan oleh banyak orang di internet sebagai tempat untuk berbagi. Platform untuk membuat blog pun juga banyak sekali yang menyediakan secara gratis, termasuk blogger.com.

Untuk membuat sebuah blog, sebetulnya hanya membutuhkan perangkat yang bisa terhubung ke internet dan kuota internet tentu. Dalam membuat blog, tidak dipungut biaya apapun karena sudah disediakan gratis oleh blogger.com dengan fasilitas yang bisa dibilang cukup bagus. Nah, hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena dengan blog gratis pun tetap bisa dimonetasi loh!.

Pendahuluan

Banyak orang yang memiliki bakat menulis namun tidak menemukan tempat yang pas untuk mencurahkan bakatnya. Blog adalah salah satu media yang bisa dijadikan untuk mengembangkan bakat menulis itu.

Jenis topik dalam sebuah blog ditentukan tergantung dari pemilik blog tersebut. Jika pemilik blog tersebut suka jalan-jalan, pasti akan memilih niche traveling atau perjalanan. Jika suka memasak, maka akan memilih niche resep masakan dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Beberapa orang juga menjadikan blog sebagai tempat mencari nafkah mereka. Pundi-pundi uang terkumpul dari blog yang dipasangi iklan tentunya. Blog berpotensial untuk mendapatkan uang tambahan dari pengiklan yang terdapat dalam blog tersebut.

Namun dari hari ke hari, makin banyak pula blogger yang baru membuat blog sehari dua hari langsung berfokus pada mencari uang dari iklan. Hal tersebut yang nantinya akan membuat malas melanjutkan ngeblog karena sudah berekspektasi tinggi duluan. Perlu diingat, blog memang bisa dimonetisasi tetapi tidak serta merta langsung dapat menghasilkan uang.

Berikut ini adalah cara membuat blog gratis di blogger.com

Harus Memiliki Akun Google

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuat blog di blogger.com adalah memiliki akun email dari Google. Blogger.com ini merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google, oleh sebab itu kalian harus memiliki akun email terlebih dahulu.

Apabila belum memiliki akun email, segeralah buat. Jika belum tau cara membuatnya, maka kalian bisa membaca artikel mengenai Cara Membuat Akun Email Google.

Langkah Membuat Blog

Langkah Membuat Blog
Langkah Membuat Blog

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai membuat blog yaitu:

1. Login ke Blogger.com.

Langkah pertama, yaitu kalian harus ke blogger.com dan login menggunakan akun email kalian. Apabila belum memiliki alamat email, maka buat terlebih dahulu. Jika sudah, lalu tinggal klik login saja dan nanti akan diarahkan menuju form pengisian blog nya.

2. Isi Nama Blog Kamu

Langkah selanjutnya setelah login adalah mengisi nama blog. Kalian bisa mengisi judul blog sesuai dengan topik yang akan kalian buat. Semisal kalian ingin membuat blog diari, maka ketik saja judulnya dengan Diariku.

3. Isi alamat blog kamu

Langkah selanjutnya setelah mengisi judul blog adalah mengisi alamat blog. Memilih alamat blog sangatlah penting karena nantinya akan menjadi identitas atau alamat kamu di internet. Usahakan pilihlah alamat blog yang mudah dihapal, contohnya adalah: diariku.blogspot.com.

Tetapi perlu dipastikan terlebih dahulu apakah alamat yang dijadikan incaran masih tersedia atau tidak. Apabila sudah tidak tersedia, maka kalian harus mencari alamat yang lainnya karena tidak boleh sama satu sama lain.

4. Isi nama profil

Langkah terakhir adalah mengisi nama profil yang nantinya akan muncul di blog. Kalian bisa mengisi nama asli ataupun nama pena, bebas asalkan tidak mengandung kata yang terlarang seperti menyangkut SARA dan sebagainya.

5. Selesai! Blog selesai dibuat.

Blog Selesai Dibuat
Blog Selesai Dibuat

Jika sudah melewati semua tahap tersebut dan sudah tampil halaman seperti gambar diatas, maka proses pembuatan blog sudah selesai! Kalian sudah bisa mulai menulis konten sesuai dengan ide dan kreatifitas masing-masing.

Penutup

Update konten sangatlah penting dalam sebuah blog agar para pengunjung tidak bosan karena disajikan konten yang itu-itu saja. Kalian bisa memulai mengisi konten dengan apa yang ada disekitar kita, kejadian yang terjadi di sekitar tempat tinggal, maupun karangan bebas seperti novel, puisi, ataupun cerpen.

Yang tidak baik adalah menyalin mentah-mentah artikel orang lain tanpa disertakan sumbernya. Jika hal tersebut dilakukan, maka sama saja seperti mencuri, mencuri artikel orang lain. Mencuri artikel merupakan tindakan yang harus dijauhi oleh kita agar blog tetap aman dan tidak terkena peringatan.

Apabila kalian tidak ingin repot-repot membuat blog, kalian dapat memesan layanan jasa pembuatan blog yang saya sediakan di halaman layanan. Nantinya kalian akan mendapatkan fasilitas yaitu 1 domain dengan ekstensi .com untuk mempercantik blog kalian loh!

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk baca tutorial keren lainnya ya!

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker