TutorialWordpress

Alasan Memilih WordPress Sebagai Platform Blog

WordPress – Sebelum postingan ini dirilis, saya sudah merilis sebuah artikel yang berjudul Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Blogger, Blogger.com dan WordPress ini merupakan sebuah platform yang paling digemari oleh para pembuat konten di internet sebagai platform blognya. Kedua nya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, disini saya hanya akan membahas kelebihannya saja. Lain waktu saya akan bahas kelemahan dari dua platform raksasa tersebut.

Saya sudah banyak mencoba berbagai platform blog sebelumnya dan saya merasakan sendiri setiap platform blog memiliki fitur-fitur yang berbeda. Salah satu platform yang saya coba adalah WordPress. Lalu apa sih kelebihan dari WordPress ini? Ohya, versi yang saya bahas ini adalah WordPress Self-Hosted ya!

1. Themes yang Bervarias

Tema dalam sebuah situs merupakan salah satu faktor utama yang menurut saya penting. Ketika visitor mengunjungi halaman web kita, kesan pertama yang mereka lihat dan mereka nilai adalah tampilan atau struktur web.  Tema yang bagus dan menarik akan membuat pengunjung betah untuk mengunjungi situs kita.

Di WordPress sendiri, sudah disediakan ribuan tema gratis dengan tampilan yang bagus. Namun, karena tema ini gratis, tentunya ada beberapa tema yang membatasi fiturnya karena ada tema versi Pro nya. Harap dimaklumi saja, masih untung dikasih gratis, ya kan?

2. Bebas Berekspresi dengan Plugin

Salah satu fitur WordPress ini, tidak saya temukan di Blogger.com. Hal ini membuat WordPress unggul dibanding Blogger.com. Dengan plugin, Anda bebas merubah kolom komentar, bentuk halaman, melihat statistik, dan lain-lain. Plugin yang disediakan oleh WordPress jumlahnya sangat banyak dan semuanya gratis. Untuk menerapkannya, Anda bisa langsung menginstall nya dihalaman plugin tanpa mendownload terlebih dahulu. Praktis bukan?

3. Bisa Merubah Link

Worpress mempermudah penggunanya apabila saat membuat konten terdapat typo yang menyebabkan link menjadi jelek. Fitur ini tidak terdapat dalam Blogger.com. Itulah mengapa saya lebih suka dengan WordPress daripada blogger. Selain mengganti link postingan, pada WordPress juga bisa merubah struktur link postingan lho! Letaknya terdapat pada Setting > Permalinks. Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan.

4. Mudah Mengganti Tema

Bosan dengan tema web yang gitu-gitu aja? Tenang, WordPress memperbolehkan Anda mengganti tema tanpa mengubah apapun dari tema sebelumnya. Tema yang sudah ada tetap akan tersimpan dan jika Anda menggantinya kembali, akan seperti semula wujudnya. Berbeda sekali dengan Blogger yang hanya support 1 Tema custom nya.

5. Semua Tersedia

Semua fitur yang terdapat pada WordPress Self Hosted ini sudah sangat lengkap. Saat kita menggunakan diawal, kita langsung dapat menggunakan fitur seperti Import data dari blog sebelumnya, menambah; plugin, tema, dan postingan, menambah user (baik author maupun administrator) dan juga mengkostumasi tampilan sesuai yang Anda inginkan.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang dapat Anda pakai dalam WordPress ini, namun saya hanya menuliskan pokok-pokok pentingnya saja. Menurut saya pribadi, dengan memiliki situs yang berplatform WordPress memakai hosting sendiri, akan lebih menguntungkan dan terlihat profesional. Bahkan, banyak brand-brand terkenal yang memakai WordPress walaupun pada akhirnya mereka menyembunyikan hal tersebut.

Review WordPress

Tampilan - 80%
Kemudahan dalam Menggunakan - 85%
Fitur - 90%
Worth it? - 83%

85%

DIREKOMENDASIKAN

Untuk Anda yang ingin website dengan berbagai fitur yang bagus didalamnya, Anda dapat menginstall WordPress ini.

User Rating: 4.55 ( 1 votes)

Kisna Hafizh

Seorang blogger pemula yang mengawali karir di blogspot dan hijrah ke wordpress

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker