Cara Agar Terhindar dari Jingling di Blogger

By | Maret 6, 2019

Jingling adalah sebuah software auto visitor yang dibuat untuk mengirim pengunjung ke blog dalam waktu singkat. Pengunjung yang dihasilkan oleh jingling bukanlah manusia, melainkan bot.

Jingling pada awalnya dibuat oleh orang-orang China dalam menambah atau meningkatkan pengunjung situs dalam waktu singkat. Cukup dengan menuliskan url blog nya saja maka secara otomatis pengunjung bot akan terkirim dengan sendirinya.

Adapun ciri-ciri yang mudah dikenali apabila terkena jingling, yaitu meningkatnya trafik yang awalnya sedikit tiba-tiba menjadi ribuan, bahkan puluhan ribu pengunjung dalam sehari. Pengunjung bot ini hanya akan membuka blog dan langsung pergi kembali tanpa meninggalkan komentar layaknya manusia.

Pengunjung dari Jingling auto visitor ini biasanya akan dianggap spam oleh Google. dan yang paling parah blog kalian bisa terhapus.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara Agar Terhindar dari Jingling di Blogger, sebagai antisipasi terserangnya blog kita dari Jingling Auto Visitor ini. Namun sebelum itu, ada dampak negatif apabila blog kita terkena jingling, dibawah ini adalah contoh dampak negatifnya.

Dampak negatifnya

Beberapa dampak negatif akan muncul apabila blog terkena serangan jingling ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Situs blog/website akan dianggap spam
  2. Posisi pada mesin telusur akan menurun
  3. Situs kemungkinan besar akan terkena sandbox
  4. Bahkan, situs blog/website bisa dihapus oleh Google

Cara Mengatasi Jingling

Pastinya setiap blogger akan berupaya agar blog nya terhindar dari serangan Jingling. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah caranya:

  1. Buka dasbor Blogger kalian.
  2. Kemudian pilih menu Setelan -> Preferensi Penelusuran
  3. Klik Edit pada bagian Robots.txt
  4. Masukan script berikut ke dalam bagian Robots.txt, kemudian klik simpan.

Jangan lupa untuk mengganti link berikut dengan URL blog kalian.

Kode diatas hanya mengizinkan robot dari Google saja untuk mengunjungi blog kalian dan membatasi semua robot yang tidak memiliki izin. Sampai tahap ini, kalian sudah bisa mencegah serangan Jingling.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, ikuti terus tutorial yang ada dalam blog ini. Semoga bermanfaat. Apabila ada kritik dan saran, dapat mengirimkannya melalui kolom komentar pada postingan ini. Terima kasih.

HTML is also allowed.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.