Cara Mengganti URL Blog Seperti WordPress

Cara Mudah Kostumasi URL Blog Anda

0
img by: https://instagram.com/haflzh

Cara Mengganti URL Blog Seperti WordPress – Url default yang disediakan oleh blogger umumnya memiliki format link(.)blogspot(.)com/tahun/bulan/judul-post.html. Mungkin beberapa dari kalian termasuk saya pernah berfikir untuk mengganti link tersebut menjadi link(.)blogspot(.)com/post-name.

Sayangnya, blogger tidak memiliki fitur untuk mengganti link tersebut. Berbeda halnya dengan WordPress Self Hosted yang menyediakan fitur ini dalam menu Permalinks nya. Dan bagi kalian yang masih ingin mengganti url blog anda menjadi lebih simpel, akan saya bagikan script untuk menghilangkannya.

Kode  javascript untuk menghilangkan url ini sudah dipublish oleh jokenox, salah satu pengguna GitHub, jika kalian penasaran bisa menuju ke profilnya. Disini saya akan membagikan script yang sudah dibuat oleh Jokenox beserta cara mengaplikasikannya ke dalam blog. Ohya, tutorial ini khusus untuk pengguna blogger(.)com ya!

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Login ke dashboard blogger kalian

2. Pilih menu Template, lalu klik edit HTML

3. Cari kode <head>, agar lebih mudah lakukan pencarian dengan CTRL+F

4. Silahkan copy script berikut ini

5. Paste script diatas diantara kode tag

6. Lalu jika sudah, klik simpan dan reload postingan blog kalian.

Sebenarnya, script ini lebih ke arah redirection, tapi tidak menyertakan tanggal ataupun atribut apapun seperti /p/blog.html, atau /2019/02/blog.html.

Untuk demonya, bisa kalian lihat di sini.

Jika kalian berniat untuk menggunakan script ini, diharap untuk tidak mengganti/merubahnya jika tidak mendapat izin dari pembuat script nya. Gunakan dengan bijak.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ya, ada kontra jika kalian melakukan penggantian url ini. Terlebih jika kalian mengganti nya di blog lama kalian yang sudah terindeks oleh Google. Hal ini akan mempengaruhi SEO dan kalian harus membuatnya lagi (terindeks ulang). Jadi itu seperti melakukan semuanya dari awal. Jadi, secara pribadi, saya tidak merekomendasikan metode ini.

Namun, patut dicoba apabila kalian membuat situs baru dan tidak ada postingan yang berperingkat di Google, maka kalian harus mencoba ini. Saya rasa hal ini tidak akan memengaruhi SEO Anda, tetapi itu akan membuat situs web kalian lebih terindeks (saya tidak menjaminnya).


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Simak terus tutorial lainnya yang ada dalam blog ini ya! Apabila masih kurang dimengerti, silahkan bertanya melalui kolom komentar pada postingan ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.