Informatips

Tips Aman Berpergian Saat Pandemi COVID-19

Tips Aman Berpergian Saat Pandemi COVID-19 – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Surat edaran tersebut berisi mengenai Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Dalam surat edaran tersebut, tertuang siapa saja yang diperbolehkan untuk berpergian selama wabah COVID-19.

Untuk yang diperbolehkan berpergian saat pandemi, diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Kita juga perlu berhati-hati saat berada diluar seperti menjaga jarak dan menjaga kebersihan agar tidak terserang serta membawa virus.

Tips Aman Berpergian Saat Pandemi COVID-19

Kita tidak tahu apakah kita akan aman saat keluar rumah atau berpergian disaat pandemi seperti ini. Namun, kita harus waspada dan berhati-hati agar tidak tertular virus tersebut. Berusaha menjaga kesehatan diri sendiri adalah hal yang harus diutamakan karena nikmat sehat itu tidak ada saingannya.

Untuk itu, perhatikanlah hal-hal berikut untuk tetap aman saat berpergian disaat pandemi COVID-19.

Hindari Transportasi Umum

Transportasi umum yang mengangkut banyak orang seperti kereta, bis, atau layanan lainnya berpotensi besar adanya penyebaran virus COVID-19. Sebisa mungkin dihindari, lebih baik naik kendaraan pribadi seperti mobil, minta tolong diantar, atau dengan layanan taksi.

Menggunakan mobil pribadi atau taksi baik online maupun offline bisa dibilang lebih aman karena tidak berinteraksi dengan banyak orang. Akan tetapi, protokol kesehatan pun harus tetap dijalani.

Apabila kalian terpaksa untuk naik transportasi umum, usahakan memakai masker dan membawa hand sanitizer serta mengurangi menyentuh barang di transportasi tersebut.

Sedia Masker dan Hand Sanitizer

Masker dan hand sanitizer itu sangat penting untuk dibawa kemana-mana. Usahakan membawa masker lebih dari satu untuk berjaga-jaga seperti menggantinya saat pulang (tidak memakai masker yang sama seperti saat berangkat).

Hand sanitizer diperlukan untuk melindungi tangan saat habis menyentuh permukaan yang berada di tempat umum agar tidak ada virus yang menempel pada tangan.

Biasakan Cuci Tangan dengan Sabun

Hand sanitizer hanyalah opsi ketika kita sedang diluar dimana tidak ada air dan sabun. Akan tetapi, jika terdapat air dan sabun, maka lebih dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun sehabis menyentuh barang-barang yang berpotensi menjadi media penyebaran virus.

Mandiri Saat Naik Transportasi Umum

Ketika kita berpergian dengan transportasi umum seperti kereta api, bis, dan pesawat terbang, usahakan kita mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara check in online, boarding pass melalui handphone, dan membawa barang bawaan sendiri. Dengan begitu, interaksi dengan orang lain akan terkurangi.

Nah, untuk pemilihan tempat duduk, usahakan duduk didekat jendela dan jangan memilih yang didekat lorong tempat orang yang berlalu-lalang.

Membawa Perlengkapan Alat Makan Sendiri

Mulai saat ini, biasakanlah membawa botol minuman (tumblr) dan alat makan sendiri. Hal ini bertujuan untuk menghindari kita memakai benda-benda yang tidak pasti karena kita tidak tahu benda tersebut steril atau tidaknya.

Penutup

Hanya diri sendiri lah yang bisa menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Kesadaran diri akan kesehatan tersebut pun penting karena sehat itu mahal dan tidak ada nikmat yang bisa menyaingi nikmat sehat.

Bagi kalian yang terpaksa berpergian keluar rumah, harap perhatikan protokol-protokol kesehatan yang berlaku dan jangan bertindak hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Teruntuk kalian yang tidak memiliki kepentingan atau hal mendesak yang harus keluar rumah, alangkah lebih baiknya untuk #DiRumahAja demi kesehatan diri sendiri dan kesehatan keluarga dirumah..

Mungkin sekian artikel mengenai tips aman berpergian saat pandemi COVID-19 ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel mengenai informasi dan tips lainnya ya!

Terima kasih sudah membaca!

 

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker