Informatips

Mengenal Musega, CEVEDS International, dan RGMB/MRK PPS FTSP UII

Mengenal Musega, CEVEDS International, dan RGMB/MRK PPS FTSP UII – Indonesia merupakan wilayah yang rawan akan terjadinya bencana alam. Bencana alam yang mengancam wilayah Indonesia antara lain gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami serta pergerakan tanah yang menyebabkan kerugian baik material dan non material.

Berdasarkan hal tersebut, maka muncul sebuah gagasan Museum Gempa (Musega) yang dibangun oleh Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCE., Ph.D, IP-U yang berisi tentang karya-karya beliau seperti BARRATAGA, Simutaga, dan macam hal lainnya.

Berikut ini merupakan pengenalan Musega, CEVEDS International, dan RGMB/MRK PPS FTSP UII, silahkan!

Museum Gempa (Musega)

Musega Prof. Sarwidi dibangun atas prakarsa Prof. Sarwidi akibat keprihatinan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam membangun bangunan rumah yang tahan gempa.

Center for Earthquake Engineering and Dynamic Effect and Disaster Studios UII adalah fasilitas dari museum yang digagas di Universitas Islam Indonesia.

Terdapat wisata edukasi dengan ukuran bangunan 6×10 meter tahan gempa atau bisa disebut Barrataga dan galeri museum serta dilengkapi dengan konsep Dynamics Museum,

Didirikannya museum ini bertujuan dan berharap masyarakat dan pengunjung bisa mendapat manfaat atau ilmu pengetahuan mengenai kegempaan dan resiko bencana yang ada.

Berikut ini adalah koleksi yang dimiliki oleh Musega Prof. Sarwidi:

  1. Barrataga atau bangunan rumah rakyat tahan gempa yang digagas oleh Prof. Sarwidi
  2. Alat simulasi gempa
  3. Pemutaran film kegempaan

CEVEDS International

Ceveds International adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang rekayasa dan kebencanaan gempa serta gunung api yang didirikan pada tahun 2007. Ceveds International merupakan gagasan dari Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCE., Ph.D, IP-U yang bersinergi dengan CEEDEEDS UII sebagai partner utamanya dan organisasi lain yang terkait.

CEVEDS International merupakan kependekan dari Center for Earthquake and Volcano Engineering and Disaster Studios International.

CEVEDS International juga turun langsung ke masyarakat dengan menyelenggarakan sosialisasi rumah tahan gempa sehingga masyarakat mendapatkan edukasi tentang hal tersebut.

RGMB/MRK PPS FTSP UII

RGMB adalah rekayasa kegempaan dan manajemen bencana atau bisa juga disebut manajemen rekayasa kegempaan (MRK).

RGMB/MRK ini merupakan salah satu konsentrasi dari Program Magister Teknik Sipil di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaa Universitas Islam Indonesia (FTSP UII).

Konsentrasi ini ada untuk merespon kejadian bencana alam yang meningkat di Indonesia. Peningkatan kejadian bencana alam tersebut terjadi baik secara kuantitas maupun kualitas.

RGMB merupakan hasil pengembangan dari konsentrasi Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK). Kompetensi dari konsentrasi ini adalah mempunyai wawasan, kepribadian, kemampuan akademik dan praktikal yang unggul dalam mengelola bencana khusunya dalam bidang kegempaan dan kebencanaan.

Penutup

Sekian artikel mengenai Musega, CEVEDS International, dan RGMB/MRK PPS FTSP UII. Semoga bermanfaat!

Tags

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker