Informatips

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring

Komunikasi Dalam Jaringan

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring – Semenjak adanya pandemi COVID-19 ini, aktivitas yang tadinya dilakukan secara luring, harus diefisienkan dengan dilakukan secara daring. Dengan melakukan aktivitas secara daring, akan mengurangi kontak fisik dan kegiatan berkumpul dan mengurangi penyebaran COVID-19.

Kehadiran internet akibat berkembangnya teknologi informasi ini membawa dampak dan pengaruh yang besar. Dengan adanya internet, memudahkan kita berhubungan dengan teman, saudara, keluarga, dan orang lain yang terpaut dengan jarak yang jauh. Kini, tak ada lagi yang menghalangi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain baik berbeda kota, berbeda wilayah, berbeda pulau, bahkan berbeda negara.

Apa itu Komunikasi Daring?

Berikut ini adalah pengertian singkat komunikasi daring menurut para ahli:

  • Robbins (2002: 310), komunikasi adalah pengiriman makna di antara anggota grup. Lewat pengiriman gagasan, makna, dan informasi dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar makna, tetapi juga harus mudah dapat dipahami.
  • Efi A. Nisiforou (2014) mendefinisikan komunikasi daring sebagai berbagai macam cara (surel/e-mail, jejaring sosial, dan lain-lain) dimana antar individu dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah jaringan komputer.

Nah, komunikasi daring ini juga memiliki dampak positif dan negatif atau biasa disebut dengan kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring adalah sebagai berikut:

Kelebihan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa kelebihan yang membantu kita dalam kehidupan. Adapun kelebihan komunikasi daring yaitu:

1. Mendekatkan yang jauh

Dengan komunikasi daring, kita dapat berinteraksi dengan orang dari berbagai penjuru dunia. Ketika seseorang dengan jarak berjauhan, pastinya akan menyulitkan untuk menjalin komunikasi satu sama lain karena keterbatasan media. Namun, dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, kita bisa melakukan tatap-muka dengan orang yang jauh disana dengan cepat dan mudah sehingga terasa tidak ada jarak yang memisahkan.

2. Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun (Fleksibel)

Kemudahan yang selanjutnya adalah kita dapat melakukan komunikasi daring dimanapun dan kapanpun yang diinginkan. Hanya membutuhkan perangkat elektronik seperti handphone, komputer, laptop, dan sebagainya, kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat dan mudah.

Contohnya adalah kirim email atau surat elektronik, jika jaman dahulu mengirimkan sebuah surat membutuhkan waktu yang lama, maka kini mengirim surat elektronik menjadi sangat cepat. Hal tersebut adalah dampak positif dari perkembangan teknologi informasi yang semakin maju.

3. Mengefisiensikan Waktu dan Biaya

Kelebihan selanjutnya adalah mengefisiensikan waktu karena kita tidak perlu bertemu dan melakukan perjalanan yang menghabiskan waktu. Dengan sekali sentuh di handphone, maka kita dapat tersambung dengan orang yang ingin kita ajak bicara atau berkomunikasi.

Sama hal nya dengan waktu, biaya juga dapat berkurang karena kita hanya membutuhkan kuota internet saja, tidak usah mengeluarkan biaya untuk bensin dan sebagainya. Teknologi yang ada saat ini sangat membantu kita dalam mengerjakan sesuatu hal.

Kekurangan Komunikasi Daring

Selain kelebihan, komunikasi daring juga memiliki kekurangannya. Adapun kekurangan komunikasi daring sebagai berikut:

1. Peluang salah paham nya besar

Kekurangan yang pertama dari komunikasi daring adalah gampangnya salah menangkap informasi atau makna yang disampaikan orang lain. Apabila informasi ataupun tulisan yang dimaksud ambigu, maka orang lain bisa salah paham karena tidak mengerti dengan yang dimaksud.

Nah, jika orang lain yang salah tangkap kemudian menyebarkan maksud yang salah, maka akan berakibat buruk untuk semuanya karena hal tersebut menjadi informasi yang salah.

2. Memerlukan beberapa hal

Untuk menjalankan komunikasi daring, memerlukan beberapa hal seperti perangkat elektronik (handphone, laptop, dan lain-lain) serta memerlukan koneksi internet. Bagi sebagian orang mungkin hal tersebut adalah hal yang lumrah dan biasa, namun untuk beberapa orang lain hal tersebut adalah hal yang susah untuk didapatkan.

3. Banyak ketidakpastian dan kepalsuan

Ketika melakukan komunikasi daring, kita bisa berbohong dengan apa yang kita rasakan. Contohnya adalah ketika seseorang mengganggu kita (contoh: komentar buruk / hate speech), lalu kita berpura-pura menyikapi dengan baik padahal aslinya marah.

Hal tersebut lumrah dilakukan dan hal tersebut yang menjadikan kita tidak bisa mengetahui secara pasti dengan komunikasi daring. Berbeda halnya dengan komunikasi luring karena adanya interaksi secara langsung sehingga kita bisa mengetahui apakah orang tersebut atau tidak.

Banyak orang yang menggunakan foto orang lain untuk menutupi jati dirinya. Hal tersebut merupakan tindakan yang salah karena sudah termasuk pemalsuan identitas. Mungkin tidak masalah apabila seseorang yang menyamar jadi orang lain tersebut tidak melakukan tindakan yang aneh-aneh, kalau ternyata melakukan? Beda ceritanya lagi.

Kesimpulan

Komunikasi daring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tugas kita adalah memilah dan memilih informasi yang disampaikan dari komunikasi daring. Pastikan terlebih dahulu informasi yang disebarkan orang lain melalui komunikasi daring apakah benar atau cuma hoaks belaka.

Jangan sampai kita menjadi salah satu penyebar berita atau kabar hoaks karena meresahkan orang lain dan dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri serta orang lain.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan komunikasi daring, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada hal yang dirasa kurang dan masukan untuk ditambahkan, silahkan berikan komentar dibawah ini ya!

Jangan lupa baca artikel lainnya mengenai informasi dan tips yang terdapat di blog ini. Terima kasih sudah membaca!

Tags

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker