8 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Service Motor

Ketika kita memutuskan untuk memiliki motor, tentunya kita harus mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjaga dan merawat motor tersebut.

Banyak orang (salah satunya adalah saya), terkadang luput tidak memerhatikan kondisi motor yang dimiliki. Akibatnya, akan ada rasa tidak nyaman yang muncul apabila motor tersebut tidak dilakukan perawatan. Service motor itu sendiri biasanya dilakukan ketika sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Service Motor

Berikut ini merupakan hal yang harus diperhatikan saat service motor

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki banyak manfaat selain pelumas. Oli juga berfungsi sebagai pendingin dan pelindung mesin. Oleh karena itu, oli harus rutin untuk diganti sesuai dengan jarak tempuh yang tercapai baik itu oli motor matic ataupun oli yang lainnya. Biasanya, rata-rata penggantian oli mesin di sekitar jarak 2500 km.

Akan tetapi, ada beberapa pabrikan yang merekomendasikan pergantian oli sampai dengan 5000 km. Nah, karena ada perbedaan seperti ini, kita perlu memerhatikan bagaimana rekomendasi dari pabrikan motor yang kita beli.

2. Oli Gardan

Oli gardan biasanya ada pada motor matic. Adapun kegunaan dari oli gardan adalah untuk melumasi gear di CVT (Continuously Variable Transmission). Penggantian oli gardan dilakukan ketika sudah dua kali ganti oli mesin.

3. Busi

Busi merupakan bagian motor yang memiliki fungsi untuk mesin menyala. Ketika busi mengalami masalah, maka motor akan sulit dinyalakan. Kalau sudah begitu, kita harus megganti busi dengan yang baru.

4. Kampas Rem

Kampas rem merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting pada motor. Rem sendiri merupakan salah satu bagian dari keselamatan pengguna. Jika kampas rem habis, rem akan menjadi kurang pakem. Apabila rem tidak berfungsi dengan baik, maka dapat membahayakan pengguna motor. Nah disinilah kita perlu memperhatikan bagaimana kondisi kampas rem pada motor kita. Jangan sampai menunggu kampas rem sangat tipis dulu lalu diganti yaa!

5. Filter Udara

Fungsi dari filter udara yaitu untuk menyaring udara luar yang masuk ke ruang pembakaran. Ketika ada kotoran yang masuk ke dalam ruang pembakaran, bisa menyumbat sistem injeksi maupun karburator sehingga motor akan mengalami masalah. Biasanya, akan dilakukan terlebih dahulu pengecekan oleh mekanik untuk memutuskan apakah filter udara bisa dibersihkan saja atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki motor biasanya berada pada 12,3 – 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Pada kondisi mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah ketika voltase aki kita tidak berada dalam range tersebut, maka harus dilakukan pengecekkan apakah ada kebocoran arus atau terdapat kondisi terminal berkarat.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting dilakukan. Tanpa adanya ban, motor kita tidak bisa melaju. Pemeriksaan ban harus dilakukan untuk menjaga keselamatan penggunanya. Pengecekan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan udara hingga pemeriksaan kondisi ban nya.

8. Tune Up Secara Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Rekomendasi Bengkel Service Terbaik

Planet ban merupakan bengkel yang sudah memiliki banyak cabang di setiap kota di Indonesia. Artinya, planet ban merupakan bengkel yang bisa dibilang salah satu yang terbaik karena kita bisa mendapatkan service motor yang lengkap. Mekanik akan berfokus memeriksa dan memperbaiki bagian penting yang jarang diservis.

Adapun manfaat dari service di Planet Ban yaitu:

  • Dapat meningkatkan perfoma motor dan memproteksi mesin karena menggunakan oli yang bagus dan khusus.
  • Motor menjadi nyaman karena menggunakan sparepart yang asli
  • Ganti oli hanya setiap jarak tempuh 5000 km saja.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Di planet ban, tidak perlu khawatir ketika service motor di planet ban. Mekanik akan melakukan semaksimal mungkin dalam melakukan perawatan motor kita, Mulai dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang berat akan dilakukan pengecekan dengan rutin.

Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, lebih hemat BBM, emisi turun lebih dari 70%, dan mesin jadi bersih.

Soal harga, service di Planet Ban ini sangat terjangkau. Untuk service injeksi hanya perlu membayar Rp20.000 dan untuk CVT hanya RP19.500. Untuk throttle body hanya Rp20.000. Terjangkau banget kan?

Yuk cek secara rutin kondisi motor kita masing-masing agar tetap nyaman dan aman ketika dikendarai!

Kisna Hafizh J.
Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.