5 Manfaat dari Bersepeda
5 Manfaat dari Bersepeda (Gambar: Pixabay / MabelAmber)

5 Manfaat dari Bersepeda

5 Manfaat dari Bersepeda – Pandemi yang sudah berlangsung selama hampir satu tahun ini membuat beberapa tren baru yang menjadi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Kegiatan tersebut salah satu nya adalah bersepeda.

Bersepeda merupakan olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dengan bersepeda, kita bisa melatih bagian-bagian organ tubuh seperti jantung dan paru-paru sehingga bisa bekerja secara optimal.

Berikut ini adalah 5 manfaat dari bersepeda:

1. Menjadi Kegiatan yang Positif

Bersepeda merupakan kegiatan yang positif yang bisa kamu lakukan di pagi hari maupun sore hari. Daripada waktumu hanya terbuang sia-sia, lebih baik digunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti bersepeda.

Kegiatan ini juga memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, membakar lemak, maupun meningkatkan energi dalam diri.Bersepeda bisa membakar lemak dengan syarat dilakukan sebelum sarapan yaa!

Bersepeda merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan waktu yang fleksibel karena pastinya sepeda yang dipakai adalah milik sendiri jadi bisa dipakai kapan saja dan dimana saja :D.

2. Mengontrol Berat Badan

Manfaat dari bersepeda yang kedua adalah dapat mengontrol berat badan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bersepeda dapat membakar lemak. Lemak tersebut lah yang membuat berat badan meningkat.

Bersepeda merupakan langkah yang bagus untuk mengontrol berat badan dikarenakan bersepeda dapat membentuk otot dan meningkatkan tingkat metabolisme disamping membakar lemak.

Namun, bukan berarti dengan bersepeda secara otomatis akan membakar lemak pada badan terus menerus lho ya! Pola makan sehat juga penting disamping bersepeda. Jangan sampai, pola makan tidak terkontrol karena akan membuat kegiatan bersepedamu sia-sia.

3. Membentuk Pola Hidup Sehat

Poin ketiga manfaat dari bersepeda yaitu membentuk pola hidup sehat. Menurut Healthline, bersepeda dapat membantu mengontrol stress, gangguan, dan depresi loh! Selain untuk olahraga, bersepeda juga dapat menjadi kegiatan untuk refleksi dan rekreasi untuk diri sendiri.

Dengan bersepeda secara rutin setiap harinya, kamu bisa saja menjadi sosok yang lebih pede loh! Lakukanlah kegiatan bersepeda setidaknya 10 menit setiap harinya agar kamu terbiasa dan terbebas dari pikiran-pikiran negatif yang muncul dalam diri kamu.

4. Meningkatan Kekuatan Kaki

Bersepeda merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan bagian bawah seperti paha, betis, dan anggota bagian bawah lainnya. Oleh karena itu, secara tidak langsung dengan seringnya bersepeda, kamu telah berlatih secara rutin meningkatkan kekuatan kaki mu lho!

Tidak semua orang kuat untuk bersepeda dengan rutin setiap harinya karena tidak terbiasa. Ada tipikal orang yang baru 100 meter bersepeda sudah merasa capek dan ada juga yang bersepeda hingga ratusan meter namun tidak capek-capek.

Hal tersebut dikarenakan karena kebiasaan bersepeda yang dilakukan setiap orang berbeda-beda. Dibutuhkan keuletan dan kerja keras yang berat agar mendapatkan ritme bersepeda dengan nyaman sehingga kuat untuk jarak yang jauh.

5. Melatih Keseimbangan Tubuh

Faktanya, tidak semua orang bisa bersepeda loh! Ada beberapa orang yang mahir dalam sekali coba bersepeda, tetapi ada juga yang sudah berlatih lama namun tidak bisa-bisa karena tidak dapat menyeimbangkan tubuhnya di atas sepeda.

Nah, dengan bersepeda berarti kamu berusaha menstabilkan dan menjaga tubuh serta sepeda mu agar tetap seimbang. Oleh karena itu, kamu juga secara tidak langsung melatih diri untuk meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh tersebut secara keseluruhan.


Di masa pandemi seperti ini, kita harus aware akan pentingnya kesehatan tubuh diri sendiri. Kalian dapat berkonsultasi seputar kesehatan di HaloDoc lho! Disana kalian dapat berkonsultasi dengan dokter yang berkompeten dan pastinya dapat menanggapi atau memberikan konsultasi dari keluhan yang disampaikan lho! Untuk itu, bersepedalah agar tubuh tetap sehat dan bugar, ya!

Itulah artikel mengenai 5 Manfaat dari Bersepeda. Untuk melakukan olahraga ini, yang kamu butuhkan hanyalah dengan memiliki sepeda saja. Untuk tempat ataupun lokasi latihannya, dapat dilakukan secara bebas. Mau berlatih di jalan? Bisa! Di lapangan? Bisa juga! Asalkan bersepedanya tetap berhati-hati yaa agar tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain.

Baca juga artikel mengenai informasi dan tips lainnya ya! Semoga bermanfaat!

Kisna Hafizh J.
Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.