Pada saat masa pandemi COVID-19 seperti ini, yang dapat kita lakukan dalam memutus rantai penyebaran virus adalah untuk tetap dirumah. Pemerintah meminta masyarakat untuk bekerja di rumah (Work From Home), belajar di rumah (Learning From Home), dan tidak keluar rumah.

Untuk mendukung instruksi yang telah diberikan, sudah banyak universitas dan sekolah-sekolah yang menginstruksikan mahasiswa dan pelajaruntuk belajar dari rumah. Pada awalnya, langkah ini disambut gembira oleh para pelajar khususnya yang merantau. Sama seperti saya, saya enjoy aja dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dari rumah dengan sistem daring. Namun, lama-kelamaan rasa bosan pun pasti akan timbul.

Nah, untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, cobalah lakukan aktivitas berikut diluar jam bekerja atau jam belajar. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas di rumah diharapkan tidak tergoda untuk keluar rumah ketika tidak perlu banget. Berikut kegiatan yang dapat dikerjakan saat kita #dirumahaja.

1. Membaca buku / novel

Membaca buku atau novel biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Pada kegiatan normal, banyak orang yang tidak punya waktu untuk melanjutkan membaca buku atau novel favorit mereka.

Nah, saat kita #dirumahaja yang mana bekerja maupun belajar berpindah kerumah, pastinya akan banyak waktu yang kita miliki. Membaca buku / novel ini sangat membantu menghabiskan waktu luang ataupun hanya sekedar melepas rasa penat.

2. Menulis

Menulis juga hal yang dapat dilakukan saat kita #dirumahaja. Bagi yang memiliki hobi menulis atau bagi kalian yang ingin belajar menulis, masa seperti ini bisa kalian manfaatkan.  Bagi yang memiliki blog seperti saya, waktu luang yang dimiliki bisa untuk menulis artikel sekedar berbagi pengalaman ataupun artikel yang bermanfaat.

Ohya, menulis juga bisa dijadikan sebagai kerjaan sampingan loh! Biasanya banyak orang yang butuh penulis untuk mengisi website ataupun blog mereka dengan harga yang lumayan.

3. Menonton

Jika kalian bukanlah tipe yang suka menulis ataupun membaca, maka menonton adalah pilihan yang bagus juga untuk menghabiskan waktu. Carilah film yang sesuai dengan selera dan yang paling adalah sesuai dengan umur.

Pada masa-masa seperti saat ini, beberapa penyedia jasa streaming menawarkan gratis beberapa hari di platform mereka. Hal ini harus dimanfaatkan dengan baik karena kapan lagi merasakan gratisan, hehe.

4. Memasak

Bagi kalian yang punya hobi memasak atau yang ingin belajar memasak, hal ini dapat dilakukan saat waktu luang. Kalian dapat mencobanya dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia dirumah. Kalau tidak punya resep, maka kalian bisa mencarinya di internet.

Membuat makanan sendiri dirumah lebih sehat dibanding diluar sana. Terlebih pandemi COVID-19 ini memaksa kita untuk tetap #dirumahaja. Dengan memasak dirumah, dapat menambah keterampilan memasak kalian loh! Jangan sampai memasaknya mie instan lagi mie instan lagi ya!

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu belajar ataupun bekerja. Apabila kalian merasa jenuh saat mengerjakan tugas atau pekerjaan, putar dan cari lagu yang menambah semangat, jangan lagu yang ambyar nanti malah sedih.

6. Belajar Teknik Make-Up

Make-up adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari wanita. Apabila kamu beauty enthusiast pastinya penasaran mencoba teknik dan style make-up yang sedang hangat / terbaru.

Tutorial make-up sudah banyak beredar di YouTube ataupun Instagram. Kalian bisa mempelajari teknik-tekniknya dari Tasya Farasya, Suhay Salim, Devienna Makeup dan masih banyak lagi.

8. Olahraga

Jangan mentang-mentang dirumah terus olahraga dilupakan. Olahraga juga harus tetap dilakukan secara rutin meskipun hanya dirumah. Olahraga yang bisa kalian lakukan dirumah misalnya jalan-jalan (bergerak), jogging di tempat, push-upsit-up, naik turun-tangga dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar saat melakukan olahraga tidak keram.

Nah, dengan melakukan aktivitas diatas, rasa bosan kalian seharusnya bisa teratasi ya! Tetap #dirumahaja ya sampai pandemi ini berakhir. Mari kita bantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 ini.

Keluarlah kerumah untuk hal-hal yang penting seperti membeli bahan makanan, kebutuhan hidup, ataupun urusan yang tidak dapat dikerjakan dari rumah.

Jangan lupa menggunakan masker ketika keluar rumah dan tetap menjaga kebersihan diri ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.