Mengenal Quora, Situs Tanya-Jawab yang Berisi Cerita Inspiratif

4
sumber gambar : https://marketingland(.)com

Mengenal Quora, Situs Tanya-Jawab yang Berisi Cerita Inspiratif – Pada awalnya, saya mengetahui adanya situs Quora dari sebuah postingan yang disebarkan melalui platform Twitter. Postingan tersebut berisi tangkapan layar dari situs Quora yang berisi mengenai cerita pelajaran hidup yang begitu menginspiratif. Setelah tahu situs apa dan mengeceknya, terlihat bahwa situs Quora merupakan tempat berbagi pengalaman dan cerita inspiratif.

Beragam kisah inspiratif yang berasal dari situs Quora kemudian disebarkan melalui platform Twitter dan mendapatkan antusias yang luar biasa dari warganet. Konsep Quora sendiri hampir mirip dengan ask.fm, hanya saja yang membedakan adalah kita dapat menjawab pertanyaan yang tersedia dengan opsi anonim ataupun tidaknya.

Saat ini, Quora telah tersedia dalam Bahasa Indonesia yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2018 lalu. Quora Bahasa Indonesia adalah versi pertama Quora di Asia Tenggara loh! Dengan adanya Quora Bahasa Indonesia, kita dapat memahami hal apapun lebih baik melalui bertanya, berbagi pengetahuan dan belajar dari orang lain. Didalamnya, terdapat berbagai jawaban yang memuat pelajaran-pelajaran penting dalam hidup yang bisa diambil manfaatnya juga.

Quora
Salah satu contoh pertanyaan yang dijawab dengan akun tidak anonim.

Salah satu contoh pertanyaan beserta jawaban yang memiliki pengalaman-pengalaman pahit ataupun suatu peristiwa yang bisa dijadikan pelajaran adalah pada pertanyaan: “Apa perkataan paling menyakitkan yang pernah seseorang katakan padamu?” dengan alamat situs : https://id.quora.com/Apa-perkataan-paling-menyakitkan-yang-pernah-seseorang-katakan-padamu

Setelah membuka link diatas, akan muncul jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut. Banyak pengguna yang menjawab pertanyaan tersebut dengan pengalaman-pengalaman pahit yang mereka miliki.

Ada yang menjawab dengan menunjukkan siapa dirinya dan ada pula yang tidak menunjukkan identitasnya alias anonim. Hal tersebut fine-fine saja karena Quora sendirilah yang menyediakan fitur tersebut.

Selain kita menjawab pertanyaan tersebut, kita juga dapat memberikan dukungan dan komentar dari setiap jawaban yang ada loh! Jadi bisa saling bertukar pikiran juga dengan orang yang sudah menjawab pertanyaan tersebut.

Sekilas Tentang Quora

Quora adalah sebuah situs yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pikiran satu sama lain. Situs ini diluncurkan pada tahun 2009 untuk tahap beta dan pada tahun 2010 dibuka untuk umum.

Quora didirikan oleh Adam D’Angelo, yang merupakan mantan CTO (Chief Technical Officer), dan Charlie Cheever. Mereka terinspirasi membuat situs Quora karena mereka berpikir bahwa banyak situs question-and-answer atau tanya-jawab yang ada di internet, tetapi tidak ada yang bagus. Oleh karena itu, mereka pada akhirnya membuat situs Quora ini.

Cara Kerja Quora

  • Di Quora, setiap orang dapat bertanya mengenai apa saja yang ingin ditanyakan
    Lalu, Quora menyebarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada orang yang dapat dan bisa memberikan jawaban yang berguna serta memiliki kualitas tinggi, berdasarkan pengalaman yang relevan dan keahlian yang dimiliki.
  • Makin sering seseorang mengikuti topik, menjawab, dan menjadi pengikut di Quora, makin besar juga Quora memersonalisasi pengalaman seseorang tersebut di platform Quora.
  • Pada halaman utama Quora, terdapat jawaban-jawaban yang memiliki dukungan yang jumlahnya cukup banyak. Kebanyakan jawaban-jawaban yang mendapat dukungan banyak adalah jawaban yang memiliki kualitas dan pengalaman hidup yang bisa diambil hikmahnya maupun dicontoh untuk dilakukan.
  • Selain itu, terdapat kebijakan untuk menggunakan nama asli di Quora untuk meningkatkan  “kepercayaan” terhadap jawaban ataupun menggunakan nama anonim untuk terjaganya privasi.
  • Identitas di Quora merupakan cerminan dari siapa orang-orang tersebut di dunia nyata.
  • Quora memiliki kebijakan “Bersikaplah Sopan, Bersikaplah Penuh Hormat” yang mengharuskan penggunanya bersikap sopan dan juga menghormati pengguna lain ketika menggunakan Quora.

Quora merupakan sebuah situs yang dapat dijadikan referensi bacaan kalian karena jawaban-jawaban yang ada didalamnya hampir semuanya berbobot dan bukan sekedar asal jawab saja. Alangkah baiknya, apabila kita memiliki pengalaman-pengalaman yang relevan dengan pertanyaan yang dilontarkan kepada kita, kita juga bisa berkontribusi di situs tersebut.

Itulah artikel mengenai situs Quora, semoga bermanfaat ya! Baca terus artikel lainnya dan dapatkan informasi-informasi menarik kedepannya. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

4 KOMENTAR

    • iyaa mas betul
      sepertinya emang bisa buat mendapatkan penghasilan deh, tapi gak bisa sembarang jawab kayaknya. harus yang viral dan bisa memberikan pengaruh positif ke orang lain sepertinya

TINGGALKAN BALASAN

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.