Joglo Pari Sewu dengan Nuansa Alamnya yang Indah

By | April 19, 2019

Joglo Pari Sewu adalah sebuah rumah makan yang terletak di Dusun Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta, ini memiliki konsep yang berbeda dari rumah makan lainnya. Aliran sungai yang melewati persis disisi rumah makan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.

Daerah sekitar Joglo Pari Sewu ini masih terbilang cukup asri karena banyak pohon dan tidak banyak bangunan. Tempat ini termasuk dalam wilayah Desa Wisata lho teman-teman! Kalau kalian mengunjungi pagi hari, akan terasa udara segar disini. Tempat ini juga termasuk Instagramable loh, kalau kesini jangan lupa persiapkan kamera untuk menambah feeds instagram kalian 😀

Sedikit informasi saja, pada awalnya ditahun 2014, Joglo Pari Sewu adalah homestay yang perlahan-lahan menjadi resto pada tahun 2017 dan mengekspansi area bawah pada tahun 2018.

Tata Ruang Joglo Pari Sewu

Salah satu spot di Rumah Boneka

Pada bagian depan, kita dapat menjumpai Rumah Boneka yang berisi banyak boneka yang disusun rapih. Penempatan boneka-boneka yang disusun dengan sesuai tempatnya membuat Rumah Boneka ini cocok untuk tempat berfoto.

Disebelah Rumah Boneka ini terdapat pendopo yang berfungsi sebagai pintu masuk utama untuk memesan minuman.

Turun kebawah sedikit terdapat tempat untuk makan (gajebo) juga yang bentuk bangunannya melayang karena ada di sisi tebing. Tak perlu khawatir, aman kok.

Nah turun kebawah lagi, kalian akan mendapati lahan yang rindang penuh dengan pohon dan sejuk sekali. Daerah ini digunakan sebagai area resto juga tetapi khusus untuk hari minggu saat cuaca yang mendukung.

Waktu saya berkunjung, sudah terdapat berbagai macam menu tradisional dengan berbagai pilihan. Tinggal tunjuk saja dan nanti akan diambilkan oleh pegawai Joglonya disana. Pegawainya juga akan memberikan informasi mengenai harga dari makanan tersebut. Apabila kalian bingung, bisa langsung bertanya lho karena pegawainya sangat ramah.

Rumah makan ini memang tidak berada dalam kondisi tanah yang datar, akan tetapi berundak-undak layaknya tebing, jadi kalau membawa anak kecil, harap untuk terus diawasi.

Sistem Pembayaran

Kupon yang digunakan sebagai alat pembayaran

Yang menarik dari rumah makan ini adalah sistem pembayarannya tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kupon. Penukaran kupon dapat dilakukan di kasir yang terletak di pendopo. Untuk hari biasa atau hari kerja, minimal penukaran kupon yaitu sebesar 20.000 dan mendapatkan 4 kupon (1 kupon seharga 5000. Sedangkan, untuk hari libur atau weekend, minimal penukaran kupon yaitu sebesar 25.000 dan kalian akan mendapatkan 5 kupon.

Kupon ini dapat kalian gunakan untuk membeli makanan, minuman, bermain wahana, dan lainnya. Menurut saya, sistem kupon ini mempermudah kita dalam bertransaksi karena bentuk dari kupon ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Kupon ini memiliki masa berlaku, yaitu hanya satu hari saja alias tidak bisa dipakai dikemudian hari.

Menu di Joglo Pari Sewu

Berbagai jenis dan macam makanan yang disediakan

Masuk dalam sesi ini, makanan yang disediakan disini lumayan bervariatif. Ada nasi goreng, ayam goreng, tempe tepung, ragam sate tusuk, bakmi goreng dan masih banyak lagi. Yang pasti ditanya-tanya oleh banyak orang pasti soal harganya. Untuk harga, disini terbilang cukup murah.

Untuk nasi goreng satu porsi dan telur ayam bulat gulai, hanya seharga 2 kupon atau 10 ribu rupiah. Kalau nasinya, kalian bisa memilih antara nasi goreng full satu porsi atau nasi goreng ½ porsi dan ½ bakmi goreng.

Nah kalau minumannya, harga percangkir adalah 5 ribu atau 1 kupon. Loh kok mahal mas secangkir harga 5 ribu? Eits, saya belum selesai menjelaskan. Walau awalnya terkesan mahal untuk ukuran satu cangkir, namun jangan salah, kalian bisa refill lagi minumannya kalau habis loh, jadi tidak hanya terpatok untuk sekali cangkir aja.

Paket Wisata di Joglo Pari Sewu

Lokasi berenang yang luas dengan air yang langsung dari mata air

Selain menawarkan makanan dan minuman, disini juga tersedia paket wisata yang bisa kalian pilih dan tentunya metode pembayarannya dengan menggunakan kupon yang kalian tukar tadi ya. Nah apa aja sih paket wisatanya? Berikut adalah detailnya:

  1. Paket wisata pagi weekdays

Dalam paket ini, kalian akan dikenai kocek Rp. 20.000 per orangnya dan akan mendapatkan 4 kupon. Apa aja yang bisa kalian dapatkan? Kalian bisa berfoto di spot wisata alam sebebas-bebasnya loh! ini berlaku pada jam 07.00 sampai jam 09.00 saja ya.

  1. Paket jajan weekend

Paket jajan weekend sebenarnya hampir mirip dengan paket wisata weekdays. Hanya saja, kalian akan dikenakan tarif Rp. 25.000 per orangnya dan akan mendapatkan 5 kupon. Kalian dapat berfoto di spot wisata alam sepuasnya, masuk rumah boneka, naik floating boat, ataupun berenang.

Nah, jika cuaca mendukung, menu makanan bakal disajikan outdoor seperti yang sudah saya ceritakan diatas loh! Kalian harus mencoba menikmati makan dibawah rimbunnya pohon dengan udara yang sangat sejuk! Paket ini berlaku pada jam 07.00 sampai jam 10.00 saja yaa.

  1. Paket wisata air dan rumah boneka

Nah kalau ini, cocok buat kalian yang eksis dan suka bermain air. Pada paket ini, kalian akan dikenai tarif sebesar 20.000/orang atau 4 kupon saja.  Lebih hemat dibanding kalian membeli pertiket yang pastinya dikenai harga normal. Nah harga normal wahana di paket ini yaitu:

    • Floating boat kecil (15 menit) : 4 kupon/orang
    • Floating boat besar (15 menit) : 5 kupon/orang
    • Masuk rumah boneka : 2 kupon/orang
    • Pelampung ban (2 jam) : 2 kupon/orang
    • Life Jacket (2 jam) : 2 kupon/orang

Paket ini berlaku selama jam operasional yaitu pada jam 07.00-18.00, untuk berenang dan floating boat, hanya sampai jam 16.00.

Papan panduan sebelum berenang

Namun harus diperhatikan atau membaca panduan keamanan berenang yang sudah tersedia di papan. Penjelasannya yaitu sebagai berikut:

    • Kedalaman sungai kurang lebih 1-2 meter.
    • Harus berhati-hati dengan arus disekitar area air yang deras
    • Melakukan pemanasan sebelum berenang
    • Anak-anak atau anak kecil wajib didampingi orang tua nya atau orang dewasa.
    • Disarankan untuk memakai alat bantu keselamatan seperti life jacket, pelampung, ataupun kacamata.
    • Dan yang pasti, berdoa sebelum melakukannya.

Apa yang membedakan dengan lainnya?

Rumah makan ini sangat peduli dengan sekitar, contohnya adalah parkir dan tambak ikan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dan kedepannya mungkin akan menambah stand-stand di area bawah barangkali ada warga yang ingin berjualan juga disitu.

Sebuah konsep yang bagus guna memajukan perekonomian masyarakat setempat. Menurut saya, hal tersebut adalah langkah yang tepat dalam mengembangkan potensi wisata dalam suatu wilayah.

Wahana di Joglo Pari Sewu

Panahan di Joglo Pari Sewu

Wahana yang terdapat disini yaitu:

  1. Rumah Boneka
  2. Terapi ikan
  3. Berenang
  4. Floating Boat
  5. Panahan
  6. Pudding Factory
  7. dan, Berkebun

Alamat dan kontak

Lokasi: Bromonilan RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Website: jogloparisewu.com

Instagram: @jogloparisewu


Nah bagi kalian yang suka dengan konsep alam, cocok tuh buat datang kesini. Selain dengan konsep alam, bahan-bahan yang digunakan dalam masakannya adalah bahan alami lho, bukan pakai penyedap. Jadi, tempat ini bisa kalian jadikan salah satu referensi buat dikunjungi 😀

Itulah yang dapat saya bagikan mengenai Joglo Pari Sewu, simak juga artikel wisata di Yogyakarta yang lainnya ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih sudah membaca!

HTML is also allowed.

2 thoughts on “Joglo Pari Sewu dengan Nuansa Alamnya yang Indah

  1. Maskris | www.maskris.id

    Eh, beneran ya itu sebelum jadi resto sempat jadi Home Stay.. Baru tau.. Tapi enak juga kayanya nginep di pinggir kali, walaupun suasananya sedikit gimana gitu.. hehe

    Reply
    1. Kisna Hafizh J. Post author

      iya mas, kemarin sempet tanya-tanya sih bilangnya gitu..
      suasananya belum 100% enak ya mas, masih harus di sterilkan dr hal-hal yg tidak pantas hehe

      Reply

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.