Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berlibur

By | April 3, 2019

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berlibur – Berlibur adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kalangan, baik anak kecil, remaja, maupun orang dewasa. Dengan berlibur, bisa mengistirahatkan otak dari pikiran dan rutinitas yang tak ada habisnya.

Namun, sebelum berangkat liburan, ada baiknya memerhatikan  beberapa poin agar liburan tidak menjadi kacau atau berantakan. Matangnya persiapan berlibur akan membuat perjalanan liburan menjadi menyenangkan. Dengan mempersiapkan hal yang harus diperhatikan sebelum berlibur, akan mempermudah serta membuat kita nyaman kedepannya. Tidak harus buru-buru karena sudah dipersiapkan dengan matang.

Perhatikan hal-hal berikut

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat akan berlibur keluar kota.

1. Tentukan tujuan dari awal.

Menentukan tujuan adalah hal yang terpenting apabila ingin berlibur, berpikirlah jauh-jauh hari dari sebelumnya agar tidak kerepotan menentukan lokasi berlibur.

2. Tentukan waktu pergi dan waktu pulang.

Dengan memerhatikan waktu berlibur, akan mempermudah kalian dalam hal packing pakaian, harus berapa setel pakaian yang dibawa. Bagi kalian yang akan pergi dengan menggunakan transportasi umum, poin ini sangat perlu diperhatikan agar tidak kehabisan tiket baik pergi maupun saat pulang.

3. Tentukan pergi naik apa.

Transportasi sangat amat perlu diperhatikan. Apabila kalian pergi menggunakan transportasi umum seperti kereta api, pesawat, atau bis, maka harus mempersiapkan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, maka periksa kondisi kendaraan agar tidak terjad hal-hal yang tidak diinginkan saat dalam perjalanan.

4. Tentukan tempat menginap (apabila tidak pulang pergi).

Selanjutnya adalah tempat menginap, apabila kota tujuan berlibur kalian terdapat keluarga yang bisa dijadikan tempat menginap tidak masalah. Jika tidak ada, maka harus mempersiapkannya dengan cara booking via online atau reservasi terlebih dahulu, agar saat sampai di kota tujuan tidak perlu repot-repot mencari hotel lagi.

5. Bawa bekal.

Bagi saya, bekal adalah hal yang harus ada saat melakukan perjalanan keluar kota. Setidaknya untuk jaga-jaga apabila makanan di sekitar jalan perjalanan tidak cocok dengan kita. Beberapa bekal yang mungkin cocok dibawa dalam perjalanan sebagai berikut

  • Air mineral, air mineral adalah minuman yang cocok dalam perjalanan. Bawa secukupnya sesuai dengan jumlah orang yang ikut pergi bersama kalian.
  • Makanan ringan, seperti biskuit, wafer, atau makanan yang tahan lama.
  • Permen
  • Makanan berat, seperti roti isi, nasi dan lauk, dan yang lain.
  • Plastik untuk menampung sampah. Kalau di kereta biasanya sudah disiapkan oleh pihak keretanya jadi tinggal pakai deh. Jangan buang sampah sembarangan ya!

Membawa bekal bukan hanya untuk berjaga-jaga saja, tapi ada beberapa keuntungannya yaitu menjadi irit. Jadi saat dijalan tidak beli makanan lagi, uangnya bisa untuk menjajal wisata kuliner yang ada di kota tujuan.

Tambahan

6. Persiapkan Maps atau peta.

Poin ini sangat penting bagi kalian yang pergi dengan kendaraan pribadi. Terlebih jika yang membawa kendaraan tidak hapal jalan :’D, maps sangat diperlukan. Oh ya, pastikan kalian juga dapat membaca maps ya biar tidak bingung nantinya.

Dengan persiapan yang matang dari awal, maka akan mempermudah perjalanan liburan dan menjadi lebih tenang. Liburan akan membuat pikiran menjadi fresh kembali dan siap untuk melakukan rutinitas seperti biasa pada hari kerja.

Berlibur itu penting, jadi jangan lewatkan waktu akhir pekan kalian ya!

Itulah artikel mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum berlibur, semoga bermanfaat dan selamat menikmati waktu akhir pekan ini ya. Baca juga artikel tentang wisata lainnya ya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :D.

HTML is also allowed.

6 thoughts on “Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berlibur

  1. Mama Indri

    Keinget liburan sama keluarga dulu dalam rangka ikut papa saya reuni SMA beliau nyaris gak dapat hotel. Sekalinya dapat hotel yang weew bikin nggak bisa tidur (banyak sarang laba-laba)

    Reply
    1. Kisna Hafizh Post author

      Wah kalo kurang persiapan gitu bakal ribet sendiri
      Ngeri ngeri sedap kalo dapet hotelnya yg ga sesuai ekspektasi mba..

      Reply
  2. Ridsal

    Boleh juga ni tipsnya, apalagi pada poin pertama yang biasanya sering meleceng saat di lokasi liburan..

    Reply
    1. Kisna Hafizh Post author

      iya mas terkadang malah dilupakan, gak direncanain dulu..
      jadi pas liburan malah bingung sendiri mau kemana haha

      Reply
  3. Sabda awal

    Kalau saya jalan2 yang bikin rencana temqn atau keluarga yg lain, hahah jadi saya ngikut aja, tapi ya kalau suatau saat travelling sendirj hrus bisa bikin rencana sendiri. Makasih tipsnya

    Reply
    1. Kisna Hafizh J. Post author

      iya mas kalo sudah direncanain sama orang lain tinggal ngikut.. kalo sendiri kan harus bikin sendiri 😀
      sama-sama mas, semoga bermanfaat

      Reply

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.