TravelWisata Pantai

Pantai Pok Tunggal, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih yang Cantik

Pantai Pok Tunggal, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih yang Cantik – Gunungkidul merupakan salah satu wilayah di Yogyakarta yang terkenal akan keindahan alamnya. Dibalik jalanan yang terjal dan berliku, terdapat sebuah pantai yang tersembunyi namun memiliki beragam pesonanya. Pantai tersebut adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini dinamakan Pantai Pok Tunggal karena di pantai ini terdapat sebuah pohon duras yang usianya sudah cukup tua namun tetap berdiri dengan kokoh. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan dan juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat menawan. Selain itu, ombak yang terdapat di pantai ini cukup besar, jika diliat dari kejauhan terlihat sangat indah.

Pada hari Rabu, 25 Desember 2019 kemarin, saya dan teman-teman semasa sekolah ramai-ramai mengunjungi pantai ini. Terdapat insiden kecil dalam perjalanan tersebut karena ada miskomunikasi antar teman yang menyebabkan salah pantai (seharusnya ke Pantai Teras Kaca).

Namun, tragedi salah pantai tidak membuat kami mengurungkan niat ke Pantai Pok Tunggal, karena sudah didepan akses utama ke pantai tersebut (mau balik lagi juga udah terlanjur jauh haha).

Kesan saya pertama kali ketika melihat pantai ini hanya satu, Indah. Entah kenapa setiap pantai yang ada di Gunungkidul ini menarik perhatian dan pesona pengunjung. Berbeda dengan deretan pantai yang ada di Bantul, pantai-pantai dideretan Gunungkidul ini memiliki pasir yang putih, bersih.

Saya merasa tidak dirugikan karena salah pantai tersebut, yang ada saya sangat menikmati bersantai di pantai ini.

Pemandangan di Pantai Pok Tunggal

Pemandangan laut dari pantai

Pemandangan yang ditawarkan pantai ini sangatlah memanjakan mata, terlebih lagi ketika air laut sedang surut. Terumbu karang yang hijau akan terlihat dan kita bisa menjelajahinya.

Berfoto diatas karang merupakan salah satu spot cantik yang instagramable disini. Kalian bisa berfoto dengan gawai, kamera sendiri maupun difotokan oleh fotografer yang ada disini.

Jasa fotografer tidaklah mahal, hanya Rp.3000 saja perfotonya. Hasil foto yang diambil oleh fotografer tersebut juga bagus, tidak mengecewakan.

Namun, kalian harus berhati-hati saat berjalan diatas karang ini karena licin. Jangan sampai terpeleset karena bisa berbahaya (kaki terkilir) dan bisa membuat baju kita basah.

Rute Perjalanan Menuju Pantai

Pantai menjadi sarana bermain dan rekreasi

Untuk rute perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal tidak begitu sulit karena searah dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron dan masih banyak lagi. Jalan menuju pantai ini sudah teraspal dengan halus hingga akses tunggal ke pantai ini.

Hanya saja, saat kita sudah berada di jalan / akses utama ke pantai ini, jalanan yang akan dilalui tidak begitu mulus. Ya, kondisinya berbatu dan tidak rata. Jalannya berbatu, naik-turun, dan sempit. Bagi kalian yang ingin mengunjungi pantai ini dengan menggunakan motor, silahkan saja. Tetapi jika kalian ingin mengunjunginya menggunakan mobil, pastikan pengalaman mengemudi kalian besar ya!  Apabila hujan, jalanannya akan menjadi licin dan harus berhati-hati.

Sesampainya di pantai ini, kalian akan melihat sebuah pohon yang berdiri dengan kokoh, pohon duras. Pohon ini merupakan ikon dari Pantai Pok Tunggal. Penamaan pantai ini juga berasal dari pohon tersebut.

Retribusi dan Fasilitas

Pantai Pok Tunggal

Retribusi

Untuk retribusi masuk pantai ini yaitu:

  • harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 (tiket terusan untuk masuk ke seluruh pantai di kawasan BKK).
  • Penyewaan tenda dome: Rp 25.000,00 (kapasitas 2 orang), Rp 35.000,00 (kapasitas 4-5 orang), dan Rp 50.000,00 (kapasitas 6-7 orang). Semua harga sewa itu terhitung perhari.
  • Harga sewa payung: Rp 25.000
  • Toilet: Rp 2.000 – Rp 5.000
  • Untuk parkir kendaraan, motor dikenai harga parkir sebesar Rp. 3000

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri, sudah cukup lengkap yaitu:

  • Parkir motor dan Mobil;
  • Mushala;
  • Toilet;
  • Warung;
  • Penyewaan payung dan alas tikar;
  • Dan masih banyak lagi

Peta Lokasi

Akhir Kata

Pantai adalah salah satu tujuan wisata yang paling digemari pada saat liburan. Banyak pantai yang berada di Gunungkidul yang dapat dipilih untuk dikunjungi. Silahkan nikmati liburan natal dan tahun baru 2019 ini ya! Jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar ya!

Aksesibilitas
Fasilitas
Pemandangan

Pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi pada saat berlibur. Namun, jalan satu-satunya menuju pantai ini belum beraspal dan masih bergelombang. Apabila ingin mengunjungi pantai ini, pastikan bisa mengemudi di medan yang tidak rata ya! Tetap berhati-hati dimanapun dan kapanpun.

User Rating: Be the first one !
Tags

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker