Vitamin D (Gambar: zimlab.in)

Tak Hanya Vitamin C, Vitamin D Juga Penting untuk Kesehatan Lho!

Di masa seperti saat ini, banyak sekali orang yang mencari vitamin C maupun vitamin D. Namun yang akan dibahas kali ini yaitu vitamin D, terutama vitamin D3.

Vitamin D dapat diperoleh dari makanan atau diproduksi oleh tubuh saat tubuh terpapar sinar matahari yang cukup. Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium oleh tulang dan dalam pemeliharaan fungsi otot. Selain itu, vitamin D juga meningkatkan daya tahan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah tulang dan otot serta membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Sekilas Mengenai Vitamin D

Dikutip dari Alodokter, disebutkan bahwa beberapa publikasi mengklaim bahwa vitamin D3 adalah bentuk vitamin D yang paling alami. Vitamin D3 memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh dan dalam menjaga tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, vitamin D3 juga digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan terbagi menjadi dua, yaitu vitamin D2, dan vitamin D3.

Nah, vitamin D3 umumnya terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari. Namun, selain itu, vitamin D3 juga bisa diperoleh dari beberapa makanan yang asalnya dari hewan sebagai berikut:

  1. Ikan laut, seperti salmon, tongkol, dan tuna.
  2. Minyak ikan dan minyak hati ikan kod.
  3. Hati sapi.
  4. Telur.
  5. Susu dan olahannya (keju dan yoghurt).
  6. Sereal atau jus buah yang diperkaya vitamin D3.
Vitamin D3-1000 yang bisa diperoleh di toko online maupun apotek terdekat.

Tidak hanya dari makanan, asupan vitamin D3 juga bisa didapatkan dari suplemen yang mengandung vitamin D3, contohnya vitamin D3 1000 yang bisa diperoleh di toko online vitamin bagi kalian yang tidak sempat pergi membelinya secara langsung di apotek.

Manfaat dan Kegunaan Vitamin D3.

Manfaat utama vitamin D3 adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, yang penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Mendapatkan vitamin D3 dari makanan atau suplemen sangat bagus untuk orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D, baik melalui sinar matahari atau makanan.

Vitamin D berupa vitamin D2 dan vitamin D3 juga bisa digunakan.digunakan untuk mengobati dan mencegah sejumlah penyakit sebagai berikut:

1. Mencegah Osteoporosis.

Vitamin D3 dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang dan peningkatan kepadatan tulang pada lansia serta dipercaya dapat mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.

2. Mengobati dan mencegah rakitis dan osteomalacia.

Rakitis merupakan kelainan pertumbuhan tulang pada anak, sedangkan osteomalacia merupakan kelainan pada tulang yang membuat tulang menjadi lunak dan mudah patah. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin D, kalsium, dan fosfor.

3. Mencegah perburukan gangguan ginjal.

Penyakit ginjal dapat mengganggu fungsi ginjal dalam pembentukan vitamin D alami yang penderitanya banyak yang mengalami kekurangan vitamin D, sehingga diperlukan menambah asupan vitamin D3 dari makanan atau suplmen.

4. Mengobati gangguan kelenjar paratiroid.

Ketika hormon paratiroid dihasilkan, tubuh akan menghasilkan lebih banyak vitamin D secara alami untuk menyerap kalsium lebih banyak. Apabila terganggu, maka asupan vitamin D juga terganggu. Oleh karena itu suplemen vitamin D3 dibutuhkan untuk mengobati gangguan tersebut.

Kisna Hafizh J.
Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.