TravelWisata Alam

Air Terjun Grojogan Sewu, Destinasi Wisata dengan Curug yang Begitu Indah

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan wisata air yang menyuguhkan pesona keindahan alam dari perbukitan Menoreh Kulonprogo. Air terjun atau curug ini terdiri dari beberapa tingkat sehingga membuat air terjun mirip seperti perosotan.

Batan dasar dan sungai kecil di bawahnya cukup unik dengan warna putih yang membuat permukaan dasar sungai terlihat sangat cantik. Air terjun pada bagian paling atas berwarna agak kehijauan karena banyaknya lumut yang tertutup dengan derasnya air.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki wisata ini, wisatawan akan dikenakan biaya yang terjangkau sebesar Rp. 6.000 per orang. Dengan harga tersebut wisatawan dapat berenang, bermain air dan menikmati indahnya air terjun. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 3.000 untuk parkir mobil.

Lokasi

Lokasi Wisata Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Jalanan yang harus Anda lalui menuju Jatimulyo masih jalanan berbatu, sehingga Anda harus berhati-hati ketika mengendarai kendaraan.

Jika dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja dengan jarak sekitar 31,3 km.  Mau ke Air Terjun Grojogan Sewu? Kamu bisa gunain jasa Paket Tour Jogja dari https://tripjogja.co.id ya guys.

Dari Titik Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan ke barat menuju Godean sampai di perempatan Kenteng. Kemudian dari perempatan arahkan kendaraan menuju Jalan raya Kaligesing hingga sampai di Pasar Jonggrangan dengan jalanan yang menanjak.

Dari pasar Jonggrangan ini Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah untuk sampai di Goa Kiskendo. Nah, tidak jauh dari Goa Kiskendo ini Anda akan sampai di Air Terjun Grojogan Sewu.

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu juga dapat ditempuh melalui jalur Wisata Air Terjun Kedung Pedut. Dari pertigaan Goa Kiskendo arahkan kendaraan ke kiri menuju Kokap, Wates atau waduk Sermo.

Lurus terus hingga menemukan pertigaan dan belok kiri menuju Air Terjun Grojogan Sewu. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer saja dari pertigaan untuk sampai di lokasi.

Fasilitas

Fasilitas yang ada disini cukup lengkap dan memadai, sehingga Anda akan nyaman untuk berlama-lama di kawasan wisata.

Fasilitas berupa area parkir yang cukup luas dan aman untuk menaruh kendaraan Anda. Ada jug toilet dan kamar mandi umum yang bersih dan terawat agar nyaman digunakan.

Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa gazebo yang tersebar dimana dapat digunakan wisatawan untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan indah air terjun. Disana juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai menu makanan yang lezat.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan ataupun membawa bekal dari rumah, karena dapat menikmati wisata kuliner disana.

Jam Buka

Pengelolaan dari wisata ini cukup bagus. Jam operasional wisata yaitu mulai dari jam 08.00 hingga jam 16.00 WIB. Anda dapat datang pada hari apapun dengan tarif tiket yang sama. Jika Anda menginginkan wisata yang tenang dan sunyi, sebaiknya Anda mendatangi Wisata Kulonprogo ini ketika weekdays atau hari kerja.

Air Terjun Grojogan Sewu memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan air terjun di daerah lain. Anda dapat memilih destinasi wisata yang satu ini untuk menjadi pilihan wisata Anda ketika berkunjung ke Kulonprogo.

Grojogan Sewu juga dekat dengan beberapa wisata di Kulonprogo lainnya. Sehingga sekali dayung tiga empat wisata dapat terlampaui.

Tags

Kisna Hafizh J.

Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker