CandiTravel

Candi Gebang – Candi Tersembunyi di Sleman

Candi Gebang, ha-fizh.com – Kebanyakan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berkunjung ke Yogyakarta pada umumnya ingin berwisata ke Candi Prambanan maupun Kraton Ratu Boko. Padahal, terdapat banyak sekali candi yang berada di Yogyakarta, salah satunya adalah Candi Gebang. Candi ini berada di daerah Gebang (nama candi disesuaikan nama daerah guna memudahkan pendataan), Sleman.

Menurut para ahli, Candi Gebang yang merupakan candi Hindu ini dibangun sekitar abad ke 8, tepatnya di jaman kerajaan Mataram Kuno. Candi ini ditemukan pada tahun 1936. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja, saat seorang penduduk yang sedang mencangkul menemukan arca Ganesha. Kemudian, pada tahun 1937-1939, candi ini dipugar oleh Prof. Ir. F.R. Van Romondt. Candi ini bukanlah candi yang besar. Ukuran candi ini kira-kira 5,25 x 5,25 meter, dan tingginya 8 meter.

Candi Gebang terletak di daerah yang bisa dibilang tersembunyi karena agak jauh dari jalan raya. Candi ini terletak di dekat kompleks perumahan penduduk. Ohya, Candi ini juga dekat dengan Stadion Maguwoharjo ya. Tetapi, kalau kalian ingin mengunjungi candi ini, jangan lewat Stadion Maguwoharjo, karena terdapat sungai yang tidak terdapat jembatan untuk tembus langsung ke candi ini.

Pada sisi timur candi, terdapat sebuah pintu untuk masuk ke dalam ruangan candi. Di dalam ruangan tersebut terdapat lingga dan yoni. Tapi sayangnya, lingga yang seharusnya tertancap di atas yoni sudah tidak ada (rusak ataupun hilang saya pun tidak tahu).Untuk masuk ke dalam ruangannya, kalian harus naik sendiri ke atas pelataran candi karena tidak adanya tangga. Selain itu, arca Ganesha yang ditemukan di candi ini terletak di belakang, dengan posisi duduk di atas sebuah yoni tersendiri.

Karena ukuran candi yang relatif kecil, kalian tidak memerlukan banyak waktu untuk mengamati candi ini secara detil. Apalagi, candi ini adalah candi yang polos, tanpa relief. Tidak ada obyek wisata lain di sekitar candi ini, tetapi kalian bisa bersantai di area candi ini dikarenakan terdapat banyak pepohonan dan juga kursi dibawah pohon sehingga nyaman untuk singgah di candi ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi ini terletak di daerah Gebang, Widomartani, Ngemplak, Jetis, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Untuk mengunjunginya, kalian diharuskan memiliki kemampuan membaca maps yang baik ataupun kemampuan bertanya yang baik, dikarenakan letak candi ini agak masuk kedalam, tidak disebelah jalan raya. Ketika kalian sudah melewati sungai setelah turunan dari arah selatan, akan terdapat papan penunjuk arah menuju Candi Gebang di sebelah kanan jalan. Papan penunjuk arah ini agak lumayan kecil, jadi harus jeli ya!

Untuk biaya tiket masuknya, tersedia dua varian harga, yaitu harga untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan lokal, diharuskan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, diharuskan membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orangnya. Pada candi ini tidak dipungut biaya parkir ya, karena candi ini tidak seramai dan sepopuler candi lainnya yang berada di Yogyakarta.

Peta Lokasi

Galeri Foto

    

    

    

Kisna Hafizh

Seorang blogger pemula yang mengawali karir di blogspot dan hijrah ke wordpress

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker