Malioboro, Icon dan Simbol Wisata Yogyakarta

By | Februari 7, 2019

Malioboro, Icon dan Simbol Wisata Yogyakarta – Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan yang membentang dari selatan rel kereta api hingga kantor pos atau titik 0 kilometer. Jalan ini merupakan destinasi berbelanja yang selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Jika kalian berkunjung ke Yogyakarta, jangan sampai lupa mampir ke Malioboro, karena malioboro merupakan icon Yogyakarta.

Ketika jalan-jalan di Malioboro, kita akan menjumpai Andong, yaitu sebuah kendaraan tradional kereta kuda  yang lengkap dengan kusirnya. Konon, dulunya andong hanya bisa dinaiki oleh para kaum bangsawan, dan menjadi simbol ekonomi bagi orang berada atau priyai. Namun, sejak pemerintahan jaman Sri Sultan Hamengku Buwono ke-VIII, andong berubah fungsi menjadi sebuah alat transportasi untuk semua kalangan. Hingga saat ini, kendataran transportasi andong dapat melayani perjalanan wisata kita untuk keliling Yogyakarta.

Malioboro Ramah Pejalan Kaki

Jalan Malioboro sekarang sudah berbeda, tidak ada lagi parkir motor disepanjang jalan dan sudah tambah nyaman. Daerah pejalan kaki malioboro sekarang sudah dikembalikan fungsinya kembali untuk pejalan kaki, tidak boleh lagi untuk parkir motor. Saat berkunjung ke malioboro dengan berjalan kaki pun sudah nyaman karena bersih dan tertata rapih dengan kursi taman disepanjang jalannya.

Fasilitas yang Jarang digunakan

Ohya, sebenarnya untuk pejalan kaki saat menyebrang bisa menggunakan fasilitas lampu merah lho. Tapi kebanyakan yang mengendarai mobil dan motor masih tidak paham, padahal sudah jelas saat pejalan kaki menekan tombol di lampu penyebrang jalan, akan berubah menjadi warna merah layaknya lampu merah. Kesadaran pengguna kendaraan bermotor masih kurang.

Penjual dan pedagang di malioboro pun sudah ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu kenyamanan pejalan kaki. Barang-barang yang dijual di Malioboro diantara nya adalah kaus, kaus oblong, gantungan kunci, blangkon khas jogja, mainan, dan masih banyak lagi, tentu harganya pun beragam ya! Untuk makanannya pun juga sama, berbagai macam jenis dan tempatnya tersebar disepanjang Malioboro

Tempat Parkir Terdekat

Ohya, jika kalian membawa kendaraan bermotor seperti mobil dan motor, kalian dapat memarkirkan kendaraan nya di beberapa opsi berikut ini:

1. Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Taman parkir ini dibangun khusus untuk parkir bis dan sepeda motor. Taman Parkir Abu Bakar Ali terdiri dari 3 lantai dengan konstruksi baja. Lahan paling bawah atau dasar dipergunakan untuk parkir bus pariwisata sementara lantai atas digunakan untuk parkir sepeda motor. Dari atas Taman Parkir Abu Bakar Ali ini kita bisa menyaksikan pemandangan kearah Malioboro, Stasiun Tugu, Kali Code dan Sekitarnya. Kalau cuaca sedang cerah, kita bisa melihat sunset atau matahari terbenam dari sini.

2. Malioboro Mall.

Malioboro Mall merupakan pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan pedestrian Malioboro mall. Mall ini berdiri sejak tahun 1993 yang menyandang sebagai mall pertama di Yogyakarta. Mall ini merupakan opsi lain untuk parkir kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Namun, kapasitas parkir di Mall ini sangat sedikit dikarenakan keterbatasan lahan. Jika ingin pergi ke Malioboro dengan menggunakan mobil dan ingin parkir disini, harus datang awal ya biar dapet tempat haha.

3. Pasar Beringharjo

Pasar ini merupakan pasar yang sudah dikenal masyarakat luas. Pasar ini terletak di dekat Benteng Vredeburg. Nah, tempat ini juga bisa dijadikan opsi untuk parkir kendaraan kalian, mobil dan motor bisa kok.

Walaupun masih banyak tempat lain yang bisa dijadikan opsi untuk parkir, ketiga tempat diatas adalah tempat yang dekat dengan Malioboro.

Alternatif Menuju Malioboro

Selain dengan menggunakan mobil dan motor sendiri, kalian dapat mengunjungi Malioboro dengan menggunakan Trans Jogja, taksi online seperti Grab dan Gojek, atau taksi konvensional. Kelebihan menggunakan transportasi umum adalah tidak usah repot-repot mencari tempat parkir. Pengalaman saya, mencari tempat parkir disini sangatlah sulit karena banyak yang berebut parkir juga.

Lokasi Malioboro

HTML is also allowed.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.