Stasiun Tugu Yogyakarta

0
img by: https://instagram.com/haflzh

Pintu Masuk Selatan Stasiun Tugu ini terletak di Jalan Margo Utomo No. 1 Kelurahan Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa YogyakartaLokasi stasiun ini terletak di sebelah barat laut kawasan Malioboro. Stasiun ini memiliki dua pintu masuk, yaitu pintu masuk timur dan pintu masuk selatan. Pintu masuk timur hanya diperuntukkan untuk drop penumpang tanpa parkir saja karena lahan yang sempit. Hal ini bertujuan agar tidak adanya penumpukan kendaraan yang parkir dan membuat jalan menjadi macet.

Pintu masuk selatan terletak dijalan Pasar Kembang, pintu masuk ini lebih kecil dibanding pintu masuk utama tetapi memiliki lahan parkir yang sangat luas. Stasiun Yogyakarta ini dikenal juga oleh masyarakat Yogyakarta dengan sebutan Stasiun Tugu, dikarenakan bangunan stasiun tersebut tidak begitu jauh dari Tugu Pal Putih, landmark Kota Yogyakarta. Apabila kalian membawa kendaraan bermotor, diwajibkan masuk melalui pintu selatan karena sudah disediakan halaman parkir yang luas.

Stasiun Tugu Yogyakarta

Halaman parkir yang sangat luas

Stasiun ini menghadap kearah timur (pada pintu masuk utama) dan selatan (pada pintu masuk kedua). Rel yang membentang dari timur ke barat ini bisa membuatmu melihat pemandangan sunset lho! Pemandangan senja yang indah bisa ditemui saat langit sedang cerah, berpadu dengan rel-rel kereta yang semakin jauh akan tampak seperti garis-garis yang terlihat menyatu menjadi satu titik.

Tersedia Parkir yang Luas

Parkir motor yang sangat jauh dari pintu masuk stasiun

Namun, sangat disayangkan perihal parkir nya. Walaupu stasiun ini menyediakan lahan parkir yang luas, namun parkir untuk sepeda motor letaknya sangat jauh dari pintu masuk dan loket pembelian tiket. Berbeda halnya dengan parkir mobil, parkir mobil terletak disepanjang jalan dari dekat parkiran motor hingga depan stasiun persis. Hal tersebut membuat orang yang pergi ke stasiun harus rela berjalan dan berpanas-panasan demi menuju stasiun.

Loket pembelian tiket

Stasiun ini memiliki fasilitas yang lengkap dibandingkan stasiun kereta api yang ada di Indonesia. Fasilitas tersebut meliputi hall, ATM Center, ruang tunggu atas, ruang VVIP, ruang kepala stasiun, ruang tunggu selatan, ruang tunggu utara, Loko Cafe, Twin’s Resaturant, ruang pengawas peron, Toegoe Resto, kantor, joglo, musholla, toilet, area parkir luas, zona dropoff dan lain-lain.

Untuk area depan stasiun (sebelah jalan raya) sudah tidak boleh untuk parkir, dan trotoarnya pun sekarang sudah nyaman untuk dilalui. Tetapi pada siang hari akan terasa panas karena belum adanya pepohonan yang menghiasi jalan untuk pejalan kaki tersebut.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website resmi PT KAI Indonesia di https://kai.id/.

Lokasi Stasiun Tugu Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.