Game Seru yang Dapat Anda Mainkan di Smartphone – MOBA

By | Februari 7, 2019

Bukan hanya anak-anak yang bermain game, namun kalangan remaja sampai orang tua pun pasti pernah bermain game. Bermain game merupakan kegiatan yang dapat melepas stress. Namun main game tidak boleh berlebihan, niat hati ingin melepas stress kok malah makin stress?

Beberapa tahun yang lalu games COC atau Clash of Clans mendominasi sebagai game terfavorit dalam waktu 2-3 tahunan. Lalu games tersebut ditinggalkan oleh penggunanya dikarenakan ada genre games lain yang seru. Lalu apa saja game yang populer saat ini?

1. Mobile Legends

Gambar Screenshot

Ya, siapa yang tidak kenal dengan game ini? Game dengan sebutan moba 8 bit, moba p2w, moba plagiat. Nama tersebut menempel erat dengan game berjenis Multiplayer Online of Battle Arena ini. Walaupun banyak yang mengejek dengan nama begitu, game ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, bagaimana tidak? Sampai artikel ini dibuat, sudah lebih dari 200 juta unduhan di Playstore lho! Game ini menyediakan 5 mode yang dapat kalian pilih yaitu mode Classic, Rank, Brawl, vs Ai dan Custom. Namun, pada update yang akan datang nanti akan tersedia mode baru yaitu mode survival dengan 3 orang dalam 1 tim yang berhadapan dengan 32 tim yang lain.

2. Arena of Valor

Gambar Screenshot

Game MOBA besutan Tencent Games ini bisa dibilang rival dari game Mobile Legends, ibaratnya Real Madrid dan Barcelona. Walaupun AOV belum lama rilis untuk server Indonesia, namun AOV sudah rilis duluan di server China. AOV bukan hanya ada di Indonesia, namun sudah ada diberbagai negara lain. Walaupun game ini hype nya tidak sebesar Mobile Legends, namun game AOV ini diikutsertakan dalam ESPORT Asian Games lho! Mengenai grafik, AOV menang telak soal itu. Secara size nya juga lebih besar dibandingkan Mobile legends. Baik ML dan AOV punya plus dan minus tersendiri, para pemainnya yang dapat menentukan apakah ML atau AOV yang lebih bagus.

3. Vainglory

Gambar Screenshot

Walaupun sama-sama berjenis MOBA, namun vainglory pada awalnya tidak menyematkan fitur virtual pad. Cara bermainnya yaitu dengan di tap-tap pada layarnya saja dan hanya disediakan mode 1 lane dengan 3v3 yang menyebabkan game ini disebut “Moba kok tap-tap, Moba kok ngedrift“. Namun tenang saja, sekarang Vainglory atau dapat disingkat dengan VG ini menyediakan fitur Virtualpad dan mode 3 lane!  Game ini tentunya sudah rilis duluan dibanding dengan dua game diatas. Untuk soal grafik, grafik VG bisa dikatakan sangat bagus dan smooth dalam detailnya. Ohya, Game ini juga sudah masuk kedalam eSport ya! sama seperti AOV yang sudah masuk dalam eSport di ajang Asean Games.


Ya, ketiga game diatas adalah game bergenre MOBA yang populer saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan nasib ketiga game diatas sama seperti COC yang kehilangan pamor. Namun tenang saja, ketiga game diatas mengadakan event in game yang menarik agar para peminatnya tidak lari dari game mereka. Yang belum mencoba ketiga game diatas, silahkan coba dan rasakan keseruannya bermain bersama teman kalian!

NB: Gambar dalam artikel ini diambil dari Googleplay Store dan Website Fact dan Myth, Gambar mungkin memiliki hak cipta.

HTML is also allowed.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.