Candi Sambisari

0
img by: https://instagram.com/haflzh

Candi Sambisari terletak pada Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi candi ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Candi Sambisari ini unik, karena letaknya yang berada 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Tidak nampak jika dilihat dari kejauhan. Candi ini terletak di Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman. Ada yang pernah kesini? Jika belum yuk simak berikut ini!

Sejarah

Dilansir dari Perpustakaan Candi Nasional, Candi Sambisari ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani yang sedang mencangkul di sawahn. Ia merasakan cangkulnya menghantam sebuah benda keras. setelah digali dan diamati, benda keras tersebut adalah sebuah batu berhiaskan ukiran. Berdasarkan laporan penemuan tersebut, Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan penelitian dan penggalian seperlunya. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 1966 ditetapkan bahwa di lahan tersebut terdapat reruntuhan sebuah candi yang terpendam oleh timbunan pasir dan batu yang dimuntahkan oleh G. Merapi pada tahun 1906. Rekonstruksi dan pemugaran candi ini selesai pada tahun 1987.

Awalnya permukaan tanah daerah di sekeliling candi tidak lebih tinggi dari lahan datar tempat Candi Sambisari berada, namun tanah pasir dan bebatuan yang disebabkan oleh letusan G. Merapi pada tahun 1006 telah menimbun daerah itu. Akibatnya, Candi Sambisari ikut terbenam dalam timbunan tanah tersebut yang menyebabkan daerah sekitar candi menjadi lebih tinggi dari Candi tersebut.

Cara Menuju Lokasi

Candi yang terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta ini dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya 15 kilometer ke arah timur laut. Untuk menuju kesana aksesnya sangat mudah. Karena Candi ini terletak di utara selokan mataram. Kalau dari jalan raya Solo, Setelah lampu merah Bandara lurus sedikit sejauh 150m lalu setelah ada tanda plang candi sambisari (Jalan Candi Sambisari) belok kekiri. Lalu lurus terus sampai melewati selokan mataram, lurus lagi (Mentok sudah ada di Candi Sambisari).

Lokasi Candi Sambisari


Pranala Luar

  • http://candi.perpusnas.go.id/temples/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.