CandiTravel

Candi Kadisoka

Candi yang Masih Terpendam

Pendahuluan

Apakah kalian sudah tahu bahwa ada sebuah candi yang terletak di dekat pemancingan Kadisoka, Sleman, Yogyakarta? Candi ini masih terpendam sebagian dibawah tanah lho! Candi ini mungkin belum banyak yang tahu karena akses menuju ke lokasi agak sulit.

Sejarah

Diperkirakan Candi Kadisoka ini berumur sama dengan Candi Sambisari tersebut. Namun yang masih menjadi misteri adalah bentuk keagamaan yang memakai candi Kadisoka ini, karena dari benda benda yang ada tidak menunjuk satu agama tertentu seperti tidak adanya arca, relief, serta komponen-komponen yang merujuk ke salah satu agama pada sebuah candi pada umumnya. Candi ini tepat berada ditengah persawahan sehingga akses ke candi ini agak sedikit kesulitan karena hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun dengan roda empat harus parkir didekat pemancingan kadisoka itupun anda masih harus berjalan melewati persawahan sejauh kurang lebih 250 meter untuk mencapai tempat ini. Secara Administrasi candi ini terletak di dusun kadisoka, desa purwomartani, kecamatan kalasan, kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Menurut Veronique DeGroot, Candi Kadisoka tidak terselesaikan, ia menulis bahwa hanya terdapat lima lapisan dasar candi yang diselesaikan. Akibat adanya letusan Gunung Merapi, Candi Kdisoka terkubur oleh material vulkanik yang dibawa Sungai Kuning pada dua waktu yang berbeda yang diperkirakan berselisih satu abad. Candi ini ditemukan terkubur sedalam 3m di dalam tanah. Candi ini ditemukan oleh penambang pasir pada 7 Desember 2000 dan kemudian dilaporkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Penggalian candi di mulai pada Februari 2001 yang menghasilkan ditemukannya keseluruhan pondasi timur candi serta lubang candi. Di dalam lubang tersebut, ekskavator selaku ahli yang meneliti candi menemukan beberapa batu mulia, emas, serta sebuah kota yang berisi plakat emas berukirkan bunga teratai.

Candi ini masih belum dilanjutkan penggaliannya oleh pemerintah, oleh sebab itu akses jalan menuju lokasi nya masih kurang memadai.

Cara Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi candi ini, anda dapat menggunakan sepeda motor, mobil, ataupun dengan taksi. tetapi disarankan menggunakan motor karena akses menuju lokasi hanya jalan setapak yang belum diaspal. Jalan masuk candi ini tepat di antara kolam pemancingan Kadisoka. Di antara warung dan kolam ada jalan menuju selatan, jalannya kecil belum diaspal. Jaraknya sekitar 200-250 meter an dari jalan raya kalau tidak salah.

Galeri Foto Candi Kadisoka

 

 

 

Maps Lokasi

Pranala Luar

  1. http://candi.perpusnas.go.id/temples/
  2. http://yogyakarta.panduanwisata.id/
  3. http://www.idsejarah.net/

Dengan pengubahan.

Kisna Hafizh

Seorang blogger pemula yang mengawali karir di blogspot dan hijrah ke wordpress

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker