Tips Menghadapi Ujian Tulis Mandiri UGM

0
sumber: mapio(.)net

Tips Menghadapi UM UGM – Universitas Gadjah Mada adalah salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang terletak di Yogyakarta. Lokasi tepatnya adalah di Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Peminat UGM jalur SBMPTN tahun 2018 adalah sebanyak 87.034 peserta (data tirto.id) dan saya adalah salah satu diantara 87.034 tersebut, namun gagal haha.

Selain jalur SBMPTN, UGM juga menerima mahasiswa baru lewat jalur mandiri.  Nah, pada tahun 2018, yang mengikuti jalur mandiri UGM ini sekitar 60.563 peserta (data kompas). Calon mahasiswa baru yang berminat untuk berkuliah di UGM ini tidak hanya dari Pulau Jawa saja, melainkan dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Nah, disini saya akan membagikan pengalaman saya pada saat mengikuti seleksi masuk UGM jalur mandiri atau ujian tulis. Walaupun tidak lolos dalam seleksi tersebut, namun pengalaman yang didapatkan sangat berharga dan dapat dibagikan ke banyak orang yang belum merasakannya, haha.

Kalau kalian browsing di Google tentang tips ataupun trick menghadapi UM UGM ini, pasti yang akan muncul adalah latian soal, try out, ikut bimbel dan sejenisnya. Beberapa hal tersebut memang penting, namun disamping itu, terdapat pula hal yang harus diperhatikan agar pada saat ujian bisa berjalan dengan lancar.

1. Jaga Kesehatan

Poin pertama yang paling penting adalah masalah kesehatan. Ya, kalian harus menjaga kesehatan tubuh masing-masing agar badan tidak drop menjelang ujian. Hal yang dapat memicu badan menjadi tidak fit adalah memaksa untuk begadang atau belajar hingga larut malam. Mungkin tidak masalah bagi yang sudah terbiasa, namun apabila yang sama sekali tidak terbiasa tidur larut itu akan menjadi masalah. Tetapi, alangkah baiknya waktu tidur dijaga agar pola tidur tidak berubah.

Kalau bisa, buatlah tubuh menjadi se rileks mungkin. Suplemen vitamin dianjurkan agar menjaga kondisi tubuh kita. Jangan lupakan pula olahraga ringan seperti lari ditempat, jogging, ataupun bersepeda.

Disarankan jangan minum es ataupun makan makanan yang berminyak karena berpotensi mengganggu kesehatan tubuh kita. Sehingga nantinya, tubuh kita bisa sehat dan bugar untuk menghadapi UM UGM.

2. Cari Tempat Menginap yang Dekat

Bagi kalian yang berasal dari luar kota, tentunya harus mempersiapkan tempat untuk menginap di Jogja. Hotel di Yogyakarta memang jumlahnya banyak, tetapi jika dipesan secara mendadak, apalagi mendekati acara besar seperti UTUL UGM, kamar pasti akan habis.

Untuk itu, pesanlah kamar jauh-jauh hari sebelum hari-H. Carilah hotel/penginapan yang  posisinya dekat dengan tempat kalian ujian dengan akses yang mudah, bukan daerah yang potensi macetnya tinggi.

Dengan begitu, akan memudahkan kalian nantinya apabila ingin berangkat ke lokasi ujian maupun saat ingin pulang.

3. Survei Lokasi

Nah, kalau ini adalah hal yang penting. Apabila kalian survei terlebih dahulu, kalian akan lebih gampang untuk menuju ruang ujian di gedung tertentu tanpa harus nyasar lagi. Omong-omong, banyak yang tahun lalu mengikuti UM UGM namun kebingungan saat mencari ruang ujian, mungkin karena tidak survei sebelumnya.

Selain survei ruang ujian, kalian juga harus survei dimana letak tempat yang penting seperti mushala, toilet, ataupun tempat duduk agar tidak tersesat juga pastinya :D.

Yang lebih penting lagi adalah survei jalan menuju lokasi ujian, jalan besar maupun jalan kecil coba kalian lewatin semua agar saat macet bisa nyidat melewati jalan yang jarang orang lain ketahui, sehingga terhindar dari kemacetan.

4. Berangkat Awal

Bagi kalian yang memiliki pikiran bahwa ingin berangkat mepet dengan jam ujian, harus diurungkan! Pasalnya, kondisi jalanan menuju lokasi ujian pasti akan macet karena puluhan ribu orang memadati Yogyakarta.

Berangkat awal memang menjadi solusi yang tepat, dimana kalian bisa mengerjakan hal yang lainnya saat sudah sampai ke area gedung lokasi ujian. Santai sejenak ataupun baca-baca ulang materi tidak masalah asalkan pikiran jangan sampai terbebani.

5. Gunakan Transportasi Umum

Saat UM, banyak yang membawa kendaraan pribadi masing-masing seperti mobil ataupun motor. Nah, disarankan untuk menggunakan transportasi umum saja seperti ojek daring maupun taksi daring.

Kalian tidak harus repot-repot memikirkan tempat parkir kendaraan yang pasti akan penuh sesak nantinya. Jadi lebih efisien dan tidak ribet. Tapi… ada tapinya nih, harga dari ojek daring maupun taksi daring akan naik harganya tidak seperti biasanya karena berbagai banyak faktor, pertimbangkan juga hal itu yaa..


Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat sebelum menghadapi UM UGM. Tips UM UGM ini disarankan tetapi tidak harus dilakukan semua. Kalian bisa mengatur strategi kalian sendiri apabila merasa tips ini tidaklah cocok. Namun, carilah tips yang menguntungkan bagi kalian, jangan malah merugikan ya.

Ohya, akhir-akhir ini, suhu di Yogyakarta pada saat malam sampai pagi hari sangat dingin. Kalian juga harus mempersiapkan dan segera menyesuaikan diri agar dapat beradaptasi dengan suasana disini.



Demikian Tips Menghadapi UM UGM yang dapat saya bagikan, mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang pantas untuk dibaca ataupun terdapat kesalahan kata didalamnya. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu kalian kedepannya.

Semoga UM UGM nanti, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Jangan lupa perbanyak latian soal dan berdoa agar dimudahkan.

Apabila kalian senggang, kalian dapat membaca artikel tentang wisata di Yogyakarta, siapa tau selepas ujian, kalian ingin me-refresh­-kan otak dengan keindahan alam di Yogyakarta. Terima kasih telah membaca artikel ini ya!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.