Perbedaan INA, IDN, dan IDR

By | April 26, 2019

Perbedaan INA, IDN, dan IDR – Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Asia bagian Tenggara. Nah pada setiap negara, memiliki singkatan yang lazim digunakan pada beberapa saat tertentu. Fungsi nya adalah untuk memudahkan karena singkat dan jelas.

Dalam media sosial, sering dijumpai warganet yang menggunakan INA, IDN, IDR, bahkan IND untuk penyebutan Indonesia. Yang lagi hangat yaitu hashtag @INAelectionObserverSOS, sekilas memang tidak ada yang salah. Tetapi, dalam menyingkat nama Indonesia itu tidak bisa sembarangan lho.. Lalu apasih perbedaan INA, IDN, dan IDR ?

Berikut ini adalah perbedaan INA, IDN, dan IDR

1. INA

INA adalah singkatan Indonesia yang telah disepakati oleh IOC atau International Olympic Committe. Kita dapat menjumpai singkatan ini pada pertandingan olahraga seperti badminton, sepakbola, dan lainnya.

2. IDN

Berbeda halnya dengan INA yang hanya dipakai dalam urusan olahraga, IDN ini dipakai dalam urusan kenegaraan yang sifatnya lebih umum. Dalam dunia internasional, dikenal dengan adanya ISO atau International Organization of Standardization.

ISO adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang standardisasi yang didalamnya termasuk penentuan kode negara-negara yang ada di dunia.

Pada ISO 3166, Indonesia memakai singkatan IDN dalam urusan yang berkaitan dengan kenegaraan seperti surat-menyurat atau administrasi skala internasional

Lebih rinci perihal ISO 3166, terdapat kode ISO Alpha-2 dan ISO Alpha-3.. Kode ISO Alpha-2 digunakan untuk tujuan yang lebih umum (kode negara: ID) sedangkan ISO Alpha-3 lebih bermakna perihal nama negara tersebut (kode negara IDN).

Nah, singkatan ID juga dipakai dalam penamaan domain khusus wilayah Indonesia dengan berekstensi .id, .co.id (perusahaan), .ac.id (perkuliahan), .go.id (pemerintahan), .or.id (organisasi), .desa.id (portal desa), .ponpes.id (portal pesantren), .net.id (ISP), .biz.id (bisnis), .my.id (personal), dan .web.id (personal).

Lalu, apa bedanya IDN dan IND? Nah, kalo IND ini adalah singkatan untuk negara India guys, jadi hati-hati dalam menyingkat, tertukar satu huruf pun bisa berubah artinya ya.

3. IDR

IDR adalah Indonesian Rupiah. IDR digunakan untuk menyebutkan nama mata uang Indonesia dalam cangkupan internasional. IDR berasal dari ISO Alpha-2 “ID” ditambah dengan “R” sebagai inisial Rupiah.

Sama seperti USD atau United States Dollar, SGD atau Singapore Dollar, dan JPY atau Japan Yen.

Itulah beberapa hal mengenai Perbedaan Dari INA, IDN, ID dan IDR. Bagi kalian yang masih sering menggunakan IND dalam menuliskan sesuatu, mulai sekarang diubah ya ke IDN karena IND bukan kode untuk Indonesia, melainkan untuk India.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan atau ingin mengkoreksi, silahkan berkomentar dibawah ini. Ikuti terus Informatips lainnya, semoga bermanfaat.. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk hadir dan membaca artikel ini 🙂

HTML is also allowed.

4 thoughts on “Perbedaan INA, IDN, dan IDR

  1. Rosanna Simanjuntak

    Ini pencerahan banget untukku!
    Terus terang aku sering kepo berat tentang INA, IDN dan IDR ini
    KIni, terjawab sudah.
    Terima kasih mas Hafizh
    Baidewei, aku takjub sama logo H-nya itu.
    Unik dan eye catching banget!

    Reply
    1. Kisna Hafizh J. Post author

      Halo mba salam kenal..
      Iyaa masih banyak yg belum tau tentang perbedaannya.. Kebetulan kemarin terbesit pikiran buat artikel ttg itu…
      Kalo logo pake gambar orang berenang gara2 suka berenang gitu mba hehe

      Terima kasih sudah mampir blog saya, baca artikel yg lain nya juga ya mba

      Reply

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.