Platform yang Dapat Dipakai Untuk Ngeblog

0
img by: WorkflowMax

Platform Blog – Anda ingin membuat blog, tetapi tidak tahu cara nya? Sebelum anda membuat blog, pastikan dulu platform yang ingin dipakai, sesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada beberapa platform yang dapat dipakai untuk membuat blog. Jangan berpikir bahwa membuat blog semudah membalikkan telapak tangan.

Lalu, bagaimana saya dapat memilih platform blogging?

Yang harus diperhatikan adalah kebutuhan anda membuat blog itu untuk apa. Anda bisa memakai blogger untuk sebuah blog biasa, tetapi blogger tidak cocok untuk membuka toko oline. ada plus dan minus dari masing-masing platform blog itu sendiri.

Berikut adalah platform blog yang dapat anda pilih:
1. WordPress

WordPress adalah platform mikroblogging yang dipisahkan menjadi dua, wordpress.com dan wordpress.org. WordPress.com merupakan sarana blogging versi gratis dari wordpress.org. Lalu, apa bedanya wordpress.com dengan wordpress.org?

Image result for wordpress.com

Perlu diperhatikan bahwa WordPress.org hanya bekerja sebagai content management system (CMS). Software yang Anda dapatkan dari WordPress.org adalah paket yang dapat di download dan diunggah di dalam server web sendiri (self hosted hosting). WordPress.org tidak menyediakan hosting dan domain sehingga Anda harus menyiapkannya sendiri terlebih dahulu sebelum mengunggah paket data yang telah diunduh dari wordpress.org

Lain halnya dengan wordpress.com, WordPress versi gratis ini sangat mudah di instalasi nya karena sudah disediakan hosting dan subdomain gratis (ex: misal.wordpress.com) dari platform tersebut. Namun ada beberapa fitur yang tidak bisa didapatkan di wordpress versi gratis, yaitu kita tidak bisa mengunggah tema wordpress dari luar (diluar tema yang disediakan oleh wordpress.com itu sendiri). Lain halnya dengan wordpress.org yang self-hosted, dalam platform itu kita dapat mengunggah tema wordpress yang disediakan oleh pihak ketiga diluar platform itu.

Jika anda ingin membuat blog untuk menulis, anda dapat memilih kedua nya sebagai referensi. Namun jika anda ingin membuat toko online, disarankan untuk memakai WordPress.org karena dapat di kostumasi sendiri.

2.  Blogger.com

Hasil gambar untuk blogger

Platform ini sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Platform blogging besutan google ini memang menjadi primadona blogger awam maupun blogger profesional. Blogger.com ini merupakan platform blogging yang mudah karena sudah disediakan hosting dan subdomain gratis (ex: misal.blogspot.com).  Platform ini sangat direkomendasikan untuk Anda apabila Anda tidak ingin bersusah payah mengenal dan mempelajarinya karena blogger sangat mudah untuk dipahami. Jika Anda ingin merubah domain dari subdomain juga bisa tidak harus berlangganan di blogger. Anda dapat membeli domainnya di pihak ketiga dan set DNS nya ke Blogger.

Platform ini disarankan untuk Anda yang ingin menulis atau berbagi informasi dan tidak disarankan apabila Anda ingin membuat toko online (manual) tidak seperti wordpress yang sudah otomatis. Blogger mudah untuk dipakai karena template blog nya sudah banyak sekali beredar di internet mulai dari yang gratis sampai yang premium.


Nah itulah 2 platform blog yang dapat Anda gunakan jika ingin membuat blog. Pahami benar tujuan Anda dalam membuat blog. Ibaratnya blog adalah rumah kita di Internet. Jadi kelola lah blog anda dengan sebijak-bijaknya dan jangan membuat artikel yang bertentangan dengan UU ITE yang berlaku.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.