Sate Ratu, Sate Enak Jogja yang Harus dicoba

Sate yang sudah mendunia

6
img by: https://instagram.com/haflzh

Sate Ratu, Sate Enak Jogja – Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal akan wisata nya yang beragam, mulai dari wisata alam maupun wisata kuliner. Tak khayal, kota ini menjadi salah satu tujuan untuk wisata para turis asing maupun lokal.

Khususnya di bidang kuliner, yang terlintas pertama kali biasanya Gudeg, Bakpia, Dawet Prambanan, dan makanan khas Jogja lainnya. Padahal, selain kuliner diatas, masih ada banyak tempat yang bisa dijadikan salah satu referensi kulineran di Jogja lho! Ada salah satu tempat makan yang sudah dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara, belum tahu? Yuk simak.

Nama tempat makan tersebut adalah Sate Ratu yang menyediakan sate yang rasanya berbeda dengan sate pada umumnya. Sate Ratu Jogja ini berada di Jogja Paradise Food Court, Jalan Magelang KM. 6, Depan Sahid Rich Hotel.

Sejarah berdirinya Sate Ratu Jogja.

Logo Sate Ratu Jogja

Pak Budi, selaku owner, mengungkapkan perjalanan berdirinya Sate Ratu Jogja. Pada awalnya, konsepnya adalah sebuah Angkringan Ratu yang tidak menerima titipan sate, melainkan membuatnya sendiri. Dengan sate yang dibuat sendiri, membuat kesan premium, lalu Ratu adalah kata yang tepat untuk mewakilinya.

Lambat laun, konsepnya berubah mengerucut hanya satu jenis saja, yaitu Sate. Terhitung sejak 16 Maret 2016, Pak Budi menjual 3 menu andalannya yaitu Sate Merah, Lilit basah, dan Ceker Tugel

Apa yang membedakan?

Peta dunia yang dilengkapi dengan negara yang sudah berkunjung

Menu yang disediakan dari dulu hingga sekarang, masih sama. Tidak ada perubahan. Walau terkesan tidak bervariasi, namun hal tersebut menjadikan sate yang terdapat di Sate Ratu istimewa.

Walaupun lokasinya bukan di kota, tempat ini justru sangatlah dikenal baik lokal maupun internasional. Terhitung sudah ada pengunjung dari 71 negara dan akan terus bertambah yang sudah mengunjungi dan menikmati hidangannya.

Setiap pengunjung dari negara yang baru pertama kali mampir, maka akan difoto dan bisa membuat tulisan di dinding yang menghiasi sekelilingnya.

Buka cabang dimana aja?

Testimoni pengunjung dari berbagai penjuru dunia

Walaupun sudah banyak yang mengenal, Pak Budi selaku owner, tetap berpendirian bahwa tidak akan membuka cabang dimanapun. Karena beliau ingin berinteraksi dengan pengunjung dan ngobrol. Hal itu pula yang membuat para pengunjung betah karena pemiliknya sangatlah ramah.

“dengan membuka cabang ditempat lain, maka saya tidak akan bisa berinteraksi dengan pengunjung” Ungkap Pak Budi.

Menu Sate Ratu

Sate Merah dan Buku karya Pak Budi

Nah soal menu, terdapat beberapa menu yang disediakan, diantaranya adalah sate merah, sate lilit, dan ceker tugel. Tiga menu tersebut merupakan menu andalan disini.

Sate merah adalah sate yang sudah direndam dengan bumbu-bumbu racikan sendiri selama 3 jam, agar meresap merata. Uniknya, bumbu yang digunakan tidak ada bumbu kecap dan bumbu kacangnya lho!

Walau berbeda dari sate pada umumnya, citra rasa sate merah ini sangat nikmat dan tentunya nagih hehe.

Kemudian sate lilit basah yang sekarang sudah menjadi lilit basah karena proses pembuatan lilit yang memakan waktu sangat lama. Meskipun begitu, tidak ada pengaruh terhadap rasa kok. Lilit basah merupakan olahan daging ayam cincang yang dipadukan dengan resep khusus, yang sudah di trial berkali kali, membuat diri ini tidak bisa berhenti untuk menyantapnya, haha.

Untuk ceker tugel, saya tidak merasakannya karena ceker tugel ini “katanya” sangatlah pedas, cocok buat kalian yang suka rasa pedas.

Bagaimana yang tidak bisa makan kering? Tenang saja, disini tersedia sup kuah kaldu ayam yang segar untuk menemani makannya.

Harga dan Jam buka

Sate Ratu buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

Harga menu disini bisa dikatakan standar, tidak terlalu mahal namun rasa tetap berkelas. Berikut ini adalah harganya:

Menu Porsi Harga
Sate Merah 6 Tusuk Sate/porsi Rp. 23.000
Lilit Basah 4 Potong/porsi Rp. 23.000
Ceker Tugel 1 mangkuk Rp. 23.000
Nasi Putih 1 porsi Rp. 4.000
Kuah Kaldu Ayam  1 Mangkuk kecil Rp. 4.000
Saus Spesial Rp 4.000
Air mineral Botol Rp. 4.000
Softdrink Botol Rp. 4.000
Sate Kulit 1 Tusuk Rp. 4.000
Lilit Basah Beku 500 gram/box Rp 57.500
Bumbu Sate Ratu 175gr 175 gram Rp100.000
Bumbu Sate Ratu 300gr 300 gr Rp40.000 / botol

Alamat dan Kontak

Jogja Paradise Foodcourt Jalan Magelang No.KM. 6, Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 50000

Untuk kontak, sate ratu juga memiliki sosial media dan juga website

Website : sateratu.id

Instagram : sateratu


Itulah artikel tentang Sate Ratu, Sate Enak Jogja yang bisa saya bagikan. Lihat artikel tentang kuliner, dan wisata lainnya yang terdapat di Jogja. Semoga bermanfaat.

Silahkan share artikel ini dan berikan komentar jika kalian suka, beri kritik dan saran melalui kolom komentar juga apabila kurang suka. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel ini :).

6 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.