img by: discordapp

Discord, Aplikasi Khusus Untuk Gamers

Aplikasi Discord – Mengisi waktu luang disaat weekend atau disaat liburan bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya dengan cara bermain gim. Bermain gim yang bersifat multiplayer seperti MOBA ataupun Battle Royal mengharuskan kita kompak dalam tim.

Kadang kala, kita kerepotan saat mengkoordinasikan strategi yang disusun agar bisa memenangkan pertandingan. Meskipun didalam beberapa gim sudah diberi fasilitas seperti voice call, namun untuk beberapa orang, masih kurang cocok entah karena membuat gawai kalian lemot atau masih terdapat bug dalam fitur voice tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai aplikasi Discord yang cocok dipakai untuk para gamers dalam berkomunikasi antar tim.

Di Google Play, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta kali unduhan dan mendapatkan rating 4,5 dari 482,666 ulasan.

Fitur-fitur Discord

Beberapa tangkapan layar aplikasi Discord

Discord memiliki beberapa fitur yang sangat-sangat berguna sekali, diantara adalah:

1. Dapat digunakan di Smartphone maupun laptop.

Aplikasi ini sudah support di Android, IOS, maupun perangkat komputer Windows. Jadi, tak perlu khawatir terputus koneksi dengan teman bermain gim kalian.

2. Voice call tanpa mengganggu permainan.

frame rate saat kita bermain game tidak akan turun ketika menggunakan voice call di Discord. Hal ini membuat bermain gim semakin nyaman dan mudah dalam menyusun strategi.

3. Chatting maupun Voice call tak masalah.

Yang uniknya di Discord adalah kita dapat berkomunikasi dengan grup ataupun teman lain walaupun kita sedang bergabung dengan server voice. Hal ini membuat komunikasi kita dengan teman akan menjadi lebih akrab.

4. Bisa membuat komunitas yang besar.

Di Discord, kalian bisa membangun layaknya sebuah negara online. Kalian jadi pemimpinnya, dan bisa merekrut anak buah (wakil pemimpin, penjaga, prajurit, bahkan rakyat) dengan bermain Role, fitur yang disediakan oleh aplikasi ini.

Dengan role, kalian dapat membuat permission antar role berbeda-beda. Contoh, kalian bisa mengatur role sesuka hati, bisa membuat user yang diijinkan layaknya sama dengan kita (mengubah server) ataupun mengatur role yang hanya bisa mengirim pesan di grup tertentu saja.

5. Bisa play musik dan mendengarkannya bareng.

Salah satu keunggulan lainnya adalah kita bisa mendengarkan musik secara bersama-sama dengan member server Discord kita. Dengan bantuan Bot Music, kalian bisa membuat server menjadi lebih hidup.

Download Discord

Untuk mendownload, caranya mudah saja. Berikut link downloadnya:

PC : https://discordapp.com/api/download?platform=win

Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.discord

iOS : https://itunes.apple.com/us/app/discord-chat-for-games/id985746746

Mac : https://discordapp.com/api/download?platform=osx

Kesimpulan

Menurut saya, Discord sangatlah mempermudah para gamers dalam hal berkomunikasi antar tim dengan berbagai macam fiturnya. Aplikasi ini juga cocok untuk membangun sebuah komunitas (squad atau clan) tanpa harus khawatir ada yang iseng kick-kick member seperti di grup Line. Aplikasi ini lebih disarankan bagi kalian para gamers untuk menginstall nya dibandingkan Whatsapp ataupun Skype karena Discord memang dibuat untuk menyasar pasar gamers.

Bagi kalian yang ingin bergabung dengan channel Discord saya, silahkan klik tautan undangan berikut: https://discord.gg/Ng8XdFJ.

Kisna Hafizh J.
Seorang Mahasiswa dan Blogger serta part-timer yang ingin membagikan sesuatu hal yang bermanfaat melalui tulisan-tulisan yang dipublish. Kerjasama Bisnis : shxlzn@gmail.com. Note: Tidak diizinkan untuk menyalin tulisan dan gambar tanpa seizin saya.