Menikmati Keindahan Alam Melalui Jurang Tembelan

Berfoto di kapal melayang di langit.

3
img by: https://instagram.com/haflzh

Jurang Tembelan merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan pemandangan indah nan menawan. Terletak tak jauh dari objek wisata Kebun Buah Mangunan dan belum banyak yang tahu tentang tempat ini.

Daerah mangunan merupakan daerah yang memiliki wisata alam yang banyak dan umumnya menawarkan spot pemandangan. Karena banyaknya wisata alam yang terdapat di Mangunan, daerah ini kemudian dikenal dengan julukan negeri diatas awan.

Apa aja sih yang ada di Jurang Tembelan?

Gardu pandang yang terdapat pada lokasi ini diantaranya adalah dua kapal yang melayang yang biasa disebut dengan kapal titanic diatas awan. Yang menarik dari tempat ini adalah kalian bebas mengambil foto di gardu pandang manapun tanpa dipungut biaya sama sekali.

Destinasi wisata ini belum begitu ramai pengunjung sehingga dapat bebas berfoto tanpa takut terganggu dan berebut dengan orang lain. Dari Jurang Tembelan ini, kalian dapat menikmati keindahan alam pegunungan, sungai yang jelas terlihat dari atas dan pada sore hari, kalian dapat melihat sunset yang tentunya akan sangat indah.

Harga dan Jam Buka

Tiket masuk tempat wisata ini menurut saya sangat terjangkau untuk berbagai kalangan karena perorangnya hanya dikenai biaya 2500 rupiah saja, sangat murah bukan? Dengan 2500, kalian akan disuguhi dengan keindahan alam yang tak sebanding dengan harga tiket masuk tersebut, jadi tidaklah rugi.

Untuk biaya parkir, tarif untuk mobil yaitu sebesar 5000 rupiah, cukup standar untuk ukuran tarif parkir wisata alam di Yogyakarta. Jadi, jika kalian membawa mobil, kalian hanya akan mengeluarkan minimal 7500 rupiah saja, tidak harus mengeluarkan banyak uang.

Menurut informasi yang saya peroleh, Jurang Tembelan buka 24 jam. Apabila kalian ingin menikmati sunrise, maka kalian bisa pergi kesini sebelum matahari terbit.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan ditempat ini yang pertama kali dapat dilihat yaitu tempat parkir yang luas, bisa menampung banyak kendaraan sehingga tidak perlu khawatir untuk parkir. Kemudian setelah melewati loket karcis, maka akan berjejer warung makan yang bisa untuk membeli makanan dan minuman apabila lapar dan haus.

Penunjang kebersihan seperti tempat sampah juga sudah disediakan lho, jadi jangan buang sampah sembarangan ya kalau mengunjungi tempat ini, demi kenyamanan bersama. Kemudian, apabila perut kalian bermasalah, terdapat pula toilet umum yang terdapat disudut belakang tempat wisata ini, perorangnya dikenai biaya 2000 rupiah ya. Gazebo juga tersedia disini untuk tempat beristirahat sembari menikmati keindahan alam yang ada.

Untuk harga makanan ataupun minuman disini saya kurang tahu. Pada saat saya mengunjungi tempat ini sedang hujan dan warung yang saya pakai tempatnya untuk berteduh sudah tutup.

Waktu Yang Tepat untuk Berkunjung

Padad saat saaya mengunjungi tempat ini sedang dilanda hujan, maka jalan setapak yang disediakan menjadi becek dan berlumpur. Kalian harus berhati-hati karena akses jalan menjadi sangat licin.

Saya menyarankan apabila kalian ingin mengunjungi tempat ini, waktu yang tepat adalah saat cuaca cerah, saat pagi hari dan pada saat sore hari. Jika kalian datang pada saat pagi hari, maka dapat menikmati sunrise. Begitupula jika kalian datang pada sore hari, maka dapat menikmati sunset di ufuk barat.

Akses dan Medan

Kendaraan yang direkomendasikan adalah sepeda motor dan kendaraan keluarga. Akses jalan menuju Jurang Tembelan ini cukup keci, berliku dan naik turun. Keahlian mengemudi dibutuhkan disini karena sisi jalan terkadang adalah jurang.

Lokasi


Itulah ulasan mengenai Jurang Tembelan. Simak terus destinasi wisata lainnya karena akan banyak tempat yang saya ulas disini. Apabila terdapat salah kata ataupun salah informasi, mohon untuk diperbaiki di kolom komentar pada postingan ini.

Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya ya!

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.