Zone.id atau Blogspot.com? Ayo Bijak Memilih

0
original by: niagahoster(.)com

Zone.id atau Blogspot.com? – Zone id sedang naik daun karena menyediakan subdomain gratis yang katanya sudah support alexa rank nya sendiri dan sudah lumayan banyak dipakai oleh para blogger Indonesia.

Namun, masih ada pula blogger yang bingung antara memilih subdomain zone id atau tetap mempertahankan subdomain gratis bawaan dari blogspot. Memang benar bahwa jika kita memakai subdomain .zone.id akan terlihat lebih keren karena lebih pendek dan juga berekstensi .id, namun bagaimana dengan jangka panjangnya?

Zone . id Vs Blogspot . com

Domain adalah bagian terpenting dari diri kita di internet, ibaratnya adalah alamat rumah kita dalam dunia maya. Apabila alamat domain berganti, maka seseorang yang akan mengunjungi alamat rumah kita dalam dunia maya (red: domain) pasti akan kebingungan dan yang jelas akan memilih membatalkan niat kunjungannya.

Subdomain gratis dari zone id memang sangat menggiurkan karena simpel dan pendek. Namun, jika dilihat dari umurnya dan masa registrasi domain tersebut baru berusia 1 tahun dengan durasi 1 tahun pula. Sedangkan blogspot.com sudah diregistrasi hampir 19 tahun lamanya.

Apabila kita memiliki blog dengan memakai subdomain zone id dan sudah memiliki visitor yang lumayan banyak, namun pahit-pahitnya pihak zone id tidak merenewal domainnya tersebut, blog kita juga kan yang akhirnya nanti kena?

Penyedia Subdomain yang Hilang, .CO.CC

Masih ingat dengan penyedia subdomain gratis .co.cc yang dulu sempat populer? Ya, memang dulu domain tersebut populer, namun sekarang sudah tidak ada lagi yang memakainya.

Padahal, dahulu banyak sekali blogger yang memakai domain gratisan dari .co.cc dan harus terpaksa mengganti domainnya kembali karena .co.cc dianggap spam oleh Google, alhasil harus mengulang kembali dari awal. Saya dulu termasuk salah satu yang ingin sekali bisa mendapat subdomain .co.cc, namun tidak jadi 😀

Jikalau zone id bernasib sama dengan .co.cc bukankah akan merepotkan juga? Walaupun bagus karena hanya 4 karakter dan ber ekstensi .id, belum tentu akan berefek baik juga buat blog kita kedepannya. Namun berdoa saja zone id tidak termasuk dan dianggap spam oleh Google.

Kesimpulan

Menurut saya, jika mengelola blog, lebih baik menggunakan alamat bawaan dari blogger saja karena lebih aman dan efek buruknya akan lebih berkurang. Jika ingin lebih bagus, maka kalian bisa membeli domain TLD di penyedia domain lokal ataupun google domain. Domain TLD tidaklah mahal dan akan lebih aman karena domain milik sendiri, tidak numpang ke orang lain. Jika ditanya mending zone id atau blogspot.com, saya akan memilih blogspot.com.

Namun, apabila kalian tetep ingin menggunakan jasa zone id, silahkan saja tidak ada yang melarangnya. Toh sudah disediakan gratis, berarti bisa untuk dimanfaatkan juga bukan? Semoga saja hal-hal yang tidak baik tidak terjadi pada domain zone id ini.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai perbandingan zone id dan blogspot.com, semoga artikel ini dapat membuat kalian para blogger yang sedang kebingungan dan dilema karena tertarik pada zone id namun masih ragu-ragu.

Apabila terdapat kesalahan kata, saya mohon maaf dan saya sangat menerima kritik dan saran kalian melalui kolom komentar di postingan ini. Simak terus tutorial lainnya dalam blog ini, akan ada banyak postingan mengenai tutorial yang mungkin bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.